stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS X MAN GOWA KABUPATEN GOWA | Syarif | SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS X MAN GOWA KABUPATEN GOWA

Rifqi Wildan Syarif, Sitti Rabiah, Nurfathana Mazhud

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, penggunaan media audio visual dalam pembelajaran sangat memungkinkan untuk meningkatkan kemampuan berfikir yang diharapkan. Melalui media audio visual diharapkan ada peningkatan dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia, terutama dalam hal prestasi siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data proses dianalisis secara kualitatif dan data hasil tes siswa dianalisis secara kuantitatif. Pada pra siklus nilai rata-rata siswa yaitu 60 dan yang mencapai KKM sebanyak 6 orang atau sebesar 19%. Pada siklus 1 nilai rata- rata siswa adalah 70 dan yang mencapai nilai KKM sebanyak 18 orang atau sebesar 58%. Nilai rata-rata siswa pada siklus 2 meningkat sebesar 83 dan yang mencapai KKM sebanyak 29 siswa atau sebesar 94%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan di atas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar menulis teks biografi pada siswa kelas X A MAN Gowa Kabupaten Gowa. Dari data penelitian yang dilakukan selama tahap pra siklus hingga siklus 2 memperlihatkan hasil yang berbeda-beda. Dimana setiap siklusnya memperlihatkan adanya peningkatan hasil belajar pada siswa.

 

Kata kunci: hasil belajar, media, audio visual

Full Text:

PDF

References


Akidah, I. 2018. “Peningkatan Pembelajaran Menulis Karangan Persuasi Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Contoh.” Tamaddun: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya, 17(1), 22-27

Ariyani, R., Intan Sari, & Sumiyani. 2020. “Merdeka Belajar melalui Penggunaan Media Audio Visual pada Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi.” Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 3(2), 356-370.

Hasan, Muhammad, dkk. 2021. Media Pembelajaran . Klaten: Tahta Media Group.

Jusmiana, Andi, & Herianto. 2020. "Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smp Di Era Pandemi Covid-19." Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1–11.

Mansyur, U. 2018. " Korelasi Minat Baca Dengan Kemampuan Menulis Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia UMI." Multilingual, 17(1), 11-22

Nurrita, T. 2018. "Development of circle learning media to improve student learning outcomes." Journal of Physics: Conference Series, 3(1), 171–187.

Rabiah, S. 2019. Bahasa Indonesia: Untuk Perguruan Tinggi. Makassar: De La Macca

Rustiyarso & Wijaya, T. 2020. Panduan dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Noktah.




DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v10i1.2978

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol