PENGGUNAAN TEKNOLOGI DAN MEDIA SOSIAL YOUTUBE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI

Nurul Istiqamah, Nurmiah Muin, Umar Mansyur

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan teknologi dan media sosial youtube terhadap proses belajar siswa Kelas XI IPS 1 SMAN 1 Bantaeng. Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, lembar kusioner, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa  kelas  XI IPS 1 Sebanyak 30 siswa dengan menggunakan teknik simple random sampling yang diukur dengan taraf kesalahan 5%. Berdasarkan hasil analisis data sebaran variabel menunjukkan bahwa pengaruh penggunaan media sosial terhadap hasil belajar siswa mencapai 66,7% sehingga penggunaan teknologi dan media sosial youtube berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data tingkat penggunaan teknologi dan media sosial youtube berada dalam kategori sedang  dan diperoleh 28,4%. Hal ini diketahui melalui hasil perhitungan menggunakan SPSS 20 Fhitung (0,799) > Ftabel (0,03) sehingga hipotesis (H1) dalam penelitian ini diterima atau berpengaruh. Dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian ini berada pada kategori sedang atau normal yang artinya dalam penelitian ini dianggap baik karena siswa menggunakan teknologi dan media sosial youtube kearah yang  positif dalam pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Adinda, restu.Sitti, Rabiah. Nurmiah, Muin.2022. "Implementasion of tik improving indonesian learning outcomes for student of SMAN 16 Makassar. Maktab; Jurnal Pendidkan dan Teknologi.Vol.1,No.1.

Agriani, Riska. Nur, ahyani. Ida, suryani.2021. “Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial Youtube Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran SEJARAH SMK PGRI 2 Palembang. Jurnal Sejarah dan Pembelajaran sejarah. Vol.7, No.1.

Lestari, Sudarsri. 2018."Peranan Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Agama Islam.Vol.2, No.2.

Mansyur, Umar.2018."Pembelajaran Inovatif Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar". Jurnal Fakultas Sastra.Universitas Muslim Indonesia.

Mansyur, Umar, Alwi, I E. Ihramsar, Akidah. 2022."Peningkatan Keterampilan Guru dalam Memanfaatkan Google Form sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh". Jurnal Pembangunan Mayarakat.Vol.7, No.1.

Mastanora, Rafika.2020."Dampak Tontonan video Youtube Pada Perkembangan Kreativitas Anak".Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak. No.2,Vol.1.

Muhammad,Havid.,Efendi, Agus.,Basori,Basori.2019."Pengaruh Fasilitas Belajar Berbasis Teknologi Terhadap Prestasi Belajar Siswa". Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan. Vol 12, No.1.

Mandini. 2022. Pengaruh Penggunaan Media Youtube Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SMPN 25 Bengkulu Selatan. Jurnal Studi Islam Dan Kemasyarakatan.Vol. 15. No 1

Nuritta, Teni. 2018. "Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa". Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quraan.Vol 3, No.1.

Novrinda,Kurniah Nina,Yulidesni.2017."Peranan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ditinjau Dari Latar Belakang Pendidikan".Jurnal Potensia.Vol.2, No.1.

Rasul A. Subhanuddin.Sutirta,Habibi.2022."Pengaruh Penggunaan Audio Visual Youtube Terhadap Keaktifan Belajar Matematika Pada Materi Teorema Phytagoras Siswa Kelas VIII Smp Negeri 8 Mamika".Jurnal Riset Rumpun Matematika Dan Ilmupengetahuan Alam. Vol 1,No.1

Setiawa, Angga. Wahyu, Nugroho. Dessy, Widyaningtiyas. 2022. “ Pengaruh Minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V1 SDN 1 Gamping. Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar. Vol .2. No.2.

Tjahyanti, Sri, Ary, Putu,Luh.2021. "Analisis Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial dalam Proses Pembelajaran". Jurnal Pendidikan FKIP UNIPAS. No.3, Vol.8.

Puspita,Sari.Rahmat.2022.Pelatihan Keterampilan Menulis Teks Ulasan Menggunakan Media Youtube Pada Siswa SMP Negeri 1 Sandrobone.Madaniya.Vol 3,No 4.

Warpiandiastuti, D,L. Sulistyawati, Sri, E, M.2018."Pemanfaatan Teknologi Internet Menggunakan Media Sosial Sebagai Sarana Penyebaran Informasi dan Promosi Pada MIN 18 Jakarta". Jurnal Pendidikan. No.1,Vol II.

Yuliana, Dian. Noer, Fajri, Aminullah.2020.”pengaruh media video youtube terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI Digital di SMK Negeri 1 SUBOH”. .Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan. Vol 8, No.1.




DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v11i2.3026

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/