PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI MEDIA WATTPAD DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA KELAS X-3 SMAN 2 JOMBANG

Khofifah Firda Purdiana, Anas Ahmadi, Nailul Mazidah

Abstract


Penelitian mengenai keterampilan menulis ramai diperbincangkan saat ini. Hal ini dikarenakan masih rendahnya minat seseorang dalam menulis. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi bertema cerita lokal Jombang: Besutan, Damarwulan, dan Kebokicak pada peserta didik dengan menerapkan media Wattpad melalui model pembelajaran berbasis proyek (PjBL). Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan kepada kelas X-3 SMA Negeri 2 Jombang. Sejumlah tiga puluh lima peserta didik dari kelas X-3 menjadi subjek penelitian untuk mengikuti pretest, kemudian terlibat dalam penelitian sejumlah dua siklus. Sebelum diadakan penelitian, keterampilan menulis puisi peserta didik kelas X-3 mengalami ketuntasan dengan persentase 45,71%. Setelah adanya tindakan pada siklus pertama meningkat menjadi 74,28%. Kemudian, terjadi peningkatan keterampilan menulis sebesar 88,57% saat siklus kedua. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, menunjukkan temuan bahwa media Wattpad dengan model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) bisa meningkatkan keterampilan menulis peserta didik kelas X-3 SMA Negeri 2 Jombang pada materi berkreasi melalui puisi.


Keywords


Keterampilan Menulis, Model Pembelajaran, Puisi, Wattpad, PjBL

Full Text:

PDF

References


Adhimas, Yogi Bagus, dkk. (2023). Estetika Puisi Karya Sapardi: Perspektif Sastra Terjemahan Mandarin-Indonesia. Jurnal Bastra (Bahasa dan Satra). 8(2): 162-175. DOI:https://doi.org/10.36709/bastra.v8i2.183

Ahmadi, Anas, dkk. (2019). Learning Writing through Psychowriting Perspective. Advances in Language and Literary Studies. 10(1): 4-8. DOI: https://doi.org/10.7575/aiac.alls.v.10n.1p.4

Ahmadi, A. (2022). Penelitian dalam Pembelajaran Menulis. Eduscience, 2(2), 34-45. https://doi.org/10.53342/eduscience.v2i2.338

Ahmadi, A. (2019). Teachers as psychologist: Experience in beginner level of creative writing classes using behavior modification. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 18(12), 101-115.

Ahmadi, A. (2021). Teaching creative (Literary) writing: Indigenous psychological perspective. Kıbrıslı Eğitim Bilimleri Dergisi, 16(4), 1422-1433.

Ahmadi, A., & Hariyati, N. R. (2019). Reader’s response and learning writing psychological perspective. Journal of Arts and Humanities, 8(9), 11-15.

Ami, Iin Sulastri Ode, dkk. (2020). Penerapan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Menulis Puisi pada Peserta didik SMA Negeri di Kabupaten Buru. Jurnal Kelasa: Kelebat Bahasa dan Sastra. 15(2): 170-193. DOI: https://doi.org/10.26499/kelasa.v15i2.130.

Astuti, Dewa Ayu Oka Yuni, dkk. (2021). Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bebas dengan Strtegi Kontekstual pada Peserta didik Kelas VIII-A MTs 45 Gianyar Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Deiksis. 3(1): 33-42.

Avicenna, Akbar. (2021). Aplikasi Teori Belajar Kontruktivisme dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Peserta didik Kelas 1 SMA Satria Makassar. Yume : Journal Of Management. 4(3): 357-369. DOI: 10.37531/yume.vxix.432

Bawamenewi, Aruzatulo. (2021). Teknik Akrostik untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi. Jurnal Pendidikan Edumaspul. 5(2): 638-642

Hindriani, Disi & Nurulanningsih. (2021). Meningkatkan Kemampuan Peserta didik Kelas VII MTs Al-Kahfi Palembang Menulis Puisi Dengan Media Gambar. Jurnal Didactique Bahasa Indonesia. 2(2): 38-47. DOI:http://dx.doi.org/10.52333%2Fdidactique.v2i2.871

Isman, Mhd, dkk. (2022). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) dengan Media Gambar terhadap Kemampuan Menulis Puisi Kelas X SMA. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pengajaran. 3(3): 252-265. DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v3i3.13234

Krisnawati, Vera & Nila Mega Marahayu. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Model Bengkel Sastra melalui Media Kotak Gambar Ajaib. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran). 6(1): (12-27). DOI:https://doi.org/10.22219/jinop.v6i1.10470

Makatita, R., & Sasabone, C. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Menggunakan Teknik Personifikasi Peserta didik Kelas XI IPS-1 SMA Negeri 8 Ambon. Arbitrer: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 29-40. DOI: https://doi.org/10.30598/arbitrervol1no1hlm29-40

Maulidini, Deza. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Menggunakan Media Film di Kelas X IPS 1 SMAN 1 Baregbeg (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta didik Kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Baregbeg Ciamis). Jurnal Diksatrasia. 4(1): 46-55. DOI: 10.25157/diksatrasia.v4i1.2216

Melasarianti, Lalita, dkk. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Teknik Akrostik Berbasis Media Gambar Pahlawan Nusantara. Universitas Jenderal Soedirman. 5(1): (55-64). DOI: https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1

Milawasri, dkk. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi dengan Menggunakan Teknik Akrostik Pada Mahapeserta didik Semester IV Universitas Tridinanti Palembang. Jurnal Bindo Sastra. 5(2): 37-46

Mufarrochah. (2022). Studi Literatur: Teknik Akrostik Dalam Meningkatkan Menulis Puisi. Teacher : Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Pendidik. 2(1): 92-99

Murniasih, M., & Nurlina, L. (2023). Pemanfaatan Media Digital Web Google Sites dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Cerita Inspiratif. Secondary: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah , 3(2), 135-145. Https://Doi.Org/10.51878/Secondary.V3i2.2208

Nurjummih & Nila Afningsih. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Peserta didik SMA Rk Deli Murni Deli Tua dengan Menggunakan Teknik Akrostik. Jurnal Komunitas Bahasa. 9(2): 96-100. 10.36294/jkb.v9i2.2168

Permana, Deifan & Dian Indihadi. (2018). Penggunaan Media Gambar Terhadap Pembelajaran Menulis Puisi Peserta Didik. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Pendidik Sekolah Dasar. 5(1): (193-205). DOI: http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index

Putri, Niza Nurdia & Siti Rukiyah. (2021). Keefektifan Media Wattpad dalam Pembelajaran Menulis Puisi pada Peserta didik Kelas X SMK Setia Darma Palembang. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra. 5(1): 380-394 DOI:https://doi.org/10.24176/kredo.v5i1.5120

Putri, Selviana & Muhammad Dahlan. (2020). Penerapan Metode Pakem Melalui Media Blog untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi pada Peserta didik Kelas X di SMA Negeri 10 Bone. Aijer: Algazali International Journal Of Educational Research, 3(1), 55–64. Retrieved From https://journal-uim-makassar.ac.id/index.php/aijer/article/view/141

Sarmila, Sehe Madeamin, & Besse Herdiana. (2022). Peningkatan Menulis Cerpen Melalui Aplikasi Wattpad pada Peserta didik Kelas XI SMA Negeri 3 Luwu Timur. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 2(3), 266-272. https://doi.org/10.53769/deiktis.v2i3.299

Solihat, Ilmi. (2023). Metode Sugesti Imajinasi Dan Metode Copy The Master Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Peserta didik Kelas 10 SMAN 4 Kota Serang. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 12(1): 135-145

Suherman, A. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Menggunakan Metode Akrostik (Penelitian Tindakan Kelas). Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 5(1), 33-48. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v5i1.1720

Sumiharti, dkk. (2022). Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Menggunakan Metode Partisipatori melalui Media Gambar pada Peserta didik Kelas X IPA Semester II SMAN 9 Sarolangun Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Dikdaya. 12(1). 154-164. DOI: http://dx.doi.org/10.33087/dikdaya.v12i1.286

Susilo, S. A. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Peserta didik Kelas X TAV 2 SMK Negeri 1 Lengkong Kabupaten Nganjuk dengan Memanfaatkan Media Foto Keindahan Alam. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6573–6578. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1988

Wahyuningsih, M.C. Indri. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi melalui Project Based Learning Berbantuan Foto Keluarga. Idependidik: Jurnal Karya Ilmiah Pendidik. 7(3): 328-335. DOI : https://doi.org/10.51169/idependidik.v7i3.439

Wahyuni, Putu Nita. (2022). Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bali Modern dengan Media Film Pendek "Pendidik" Peserta didik Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 2 Banjar. Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha. 9(2). 93-103. DOI:https://doi.org/10.23887/jpbb.v9i2.46756




DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v11i2.3036

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/