PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI METODE PEMBELAJARAN PERMAINAN ESTASI (ESTAFET MENULIS PUISI) DI KELAS X-5 SMAN 2 JOMBANG

Khoirun Nisak, Anas Ahmadi, Nailul Mazidah

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatkan keterampilan menulis puisi dengan metode pembelajaran permainan ESTASI (Estafet Menulis Puisi). Model yang digunakan dalam penelitian ini PjBL (Project Based Learning). Jenis penelitian yaitu PTK (Penelitian Tindakan Kelas) atau (Classroom Action Research). Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan 4 tahap yaitu (1) observasi, (2) wawancara, (3) tes, (4) dokumentasi. Objek penelitian ini peserta didik kelas X-5 SMA Negeri 2 Jombang, dengan jumlah 35 peserta didik terdiri dari 13 laki-laki dan 22 perempuan. Berdasarkan hasil penelitian presentase minat keterampilan menulis puisi menggunakan metode pembelajaran permainan ESTASI (Estafet Menulis Puisi) maka dapat dijabarkan dengan diawali pre tes dilanjutkan dengan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Sebelum penerapan metode pembelajaran permainan ESTASI (Estafet Menulis Puisi) hasil keterampilan menulis puisi hanya 48,57%, setelah dilakukan tindakan pada siklus 1 terjadi peningkatan sebasar 66,86%. Pada siklus 2 terjadi peningkatan minat keterampilan puisi meningkat hingga 90,28 %.


Keywords


Keterampilan menulis, permainan ESTASI, PjBL, PTK

Full Text:

PDF

References


Adhimas, Bagus Yogi, Anas Ahmadi, & Resdianto. P. R. (2023). Estetika Puisi Karya Sapardi: Perspektif Sastra Terjemahan Mandarin-Indonesia. Jurnal Bastra. (8)2. 163.

Ahmadi, A. (2022). Penelitian dalam Pembelajaran Menulis. Eduscience, 2(2), 34-45. https://doi.org/10.53342/eduscience.v2i2, 338

Ahmadi, A. (2019). Teachers as psychologist: Experience in beginner level of creative writing classes using behavior modification. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 18(12), 35.

Amiyah, Walidatul. (2021). Kemampuan Menulis Puisi dengan Menggunakan Media Permainan Kata pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Prosiding Senada (Seminar Nasional Daring) Prodi PBSI Fakultas FBS, IKIP PGRI Bojonegoro. 1212.

Arikunto, S. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bachtiar, D. Y., Suhartiningsih, & Sihono. (2014). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Menggunakan Media Kartu Kata Bergambar pada Siswa kelas III SDI Al-Khairiyah Banyuwangi Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Edukasi UNEJ. 1(3), 25-28.

Burhanuddin, Ahmad. (2021). Pengaruh Media Google Earth Sebagai Sumber Informasi Dalam Penulisan Puisi Objek Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan, 44.

Dindin. (2021). Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menulis Sastra Puisi Dengan Menggunakan Model Inkuiri dan Latihan Bimbingan. Jurnal Soshum Insentif. (4)1, 36.

Fadlilah, Husni Nur, dkk. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Siswa Melalui Menggunakan Metode Menulis Berantai (Estafet Writing). BESTARI: Jurnal Studi Pendidikan Islam. (16)1, 3.

Harahap, Rosmawaty. (2021). Pengaruh Media Blog (Jurnal Online) Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Rantau Prapat. Basastra. 10(1), 95.

Kemmis, S., & McTagger, R. (1990). The Action Research Planner. Deakin University.

Nisak, Khoirun, & Candra Rahma Wijaya Putra. (2020). Bentuk Kekuasaan dalam Novel Orang Orang Oetimu Karya Felix K. Nesi. Bahtera: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, dan Budaya. (7)2, 1048-1049.

Nisak, Khoirun, & Purwati Anggraini. (2021). Penerapan Bermain Peran Melalui Teknik Improvisasi Berbasis Sisimika di SMP Negeri 1 Ploso Jombang. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra. (14)2, 155-162.

Nisak, Khoirun, & Purwati Anggraini. (2020). Kritik Sosial Dalam Novel Anak-Anak Tukang Karya Baby Ahnan. Alinea: Jurnal Bahasa Sastra Dan Pengajaran. (9)2, 146-154.

Martin, M. S. I. M. (2022). Persepsi Siswa Tentang Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning/ PjBL) Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Muhammadiyah Padang. Inovasi Pendidikan, (9)2.

Muazaroh, Lailil Nadhifatul. (2021). Nyoman Ruja, Neni Wahyuningtyas. Eksistensi Kesenian Besutan Sebagai Identitas Budaya Kabupaten Jombang. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora. (10)2, 206.

Panglipur, Purbarani Jatining, & Eka Listiyaningsih. (2017). Sastra Anak sebagai Sarana Pembelajaran Bahasa dan Sastra untuk Menumbuhkan Berbagai Karakter di Era global. PS PBSI FKIP Universitas Jember (Prosiding Seminar Nasional), 688.

Razanah, Marin, & Nani Solihati. (2022). Pentingnya Pembelajaran Menulis Puisi Disekolah Di Era Society 5.0. Jurnal Literasi. (6)2.

Rismiyani, Dita Anita, Rina Rosdiana, & Yanti Widiya Mulya. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Dan Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Puisi. Sastranesia: Jurnal Pendidikan Bahasa

& Sastra Indonesia, (11)1, 75-88.

Sulkifli dan Marwati. (2016). Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri Satu Atap 3 Langgikima Kabupaten Konawe Utara. Jurnal Bastra, (1) 1.

Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. .(2022). Penelitian Tindakan Kelas. Bayumedia Publishing.

Trianingsih, Rima. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Berbasis Kearifan Lokal Banyuwangi Melalui Metode Copy The Master (CTM) Media Gambar. TARBIYATUNA: Kajian Pendidikan Islam. (4)2.

Yanti, Zherry Putria, & Gusriani Atika. (2022). Teori Puisi (Teori dan Aplikasi). Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.




DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v11i2.3042

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/