PENINGKATAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF PESERTA DIDIK MELALUI MENYIMAK CERITA AUDIO

Diana Febriyanti Harum Sari

Abstract


Pada umumnya kemampuan metakognitif dimiliki oleh setiap individu. Kemampuan metakognitif merupakan usaha seseorang dalam menyelesaikan masalah. Di dalam pembelajaran yang dilakukan, peneliti menemukan sebuah permasalahan cara belajar peserta didik. Seringkali peserta didik merasa kesulitan dalam mengerjakan tugas. Peserta didik perlu mengetahui kemampuan metakognitifnya agar mereka mampu menemukan startegi belajar yang tepat. Oleh karena itu peneliti menggunakan kegiatan menyimak cerita audio untuk meningkatkan kemampuan metakognitif peserta didik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas 8G di UPT SMPN 5 Gresik. Penelitian ini dilakukan selama 3 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi, dan rencana tindak lanjut. Data dikumpulkan melalui pendekatan kualitiatif dengan teknik deskripsi. Hasil dari penelitian ini adalah peningkatan kemampuan metakognitif peserta didik melalui kegiatan menyimak cerita. Peserta didik mampu menyelesaikan tugas dengan baik. Selain itu peserta didik mengetahui kemampuan metakognitif mereka.


Keywords


Metakognitif, Keterampilan Menyimak, Belajar

Full Text:

PDF

References


Aldiyah, Evy. 2021. “Perubahan Gaya Belajar di Masa Pandemi Covid-19”. Cendekia, Jurnal Ilmu Pengetahuan, Vol. 1, No. 1, Tahun 2021.

Andolina, Molly W. Dan Hilary G. Conklin. 2021. “Culvitating Empathic Listening in Democratic Education”. Theory & Research in Social Education. DOI : https://doi.org/10.1080/00933104.2021.1893240

Arianto. 2018. ”Model Pembelajaran Terpadu untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak dan Berbicara”. Jurnal Al Izzah, Hasil-Hasil Penelitian: Vol. 13, No. 1, 2018.

Arikunto. 2019. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Astawa, Ida Bagus Made & I Gede Ade Putra Adnyana. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Colognesi, Stephane. 2021. “Listening Comprehension is not Innate to Elementary School Student: They Need to be Taught Listening Strategies”. International Journal of Primary, Elementary and Early Years Education 3-13. DOI: https://doi.org/10.1080/03004279.2021.1963802

Efendi, Nur. 2013. “Pengaruh Pembelajaran Reciprocal Teaching Dipadukan Thik Pair Share Terhadap Peningkatan Kemampyan Metakognitif Belajar Biologi Siswa SMA Berkemampuan Akademik Berbeda Di Kabupaten Sidoarjo”. Jurnal Santiaji Pendidikan, Vol.3, No. 2, Juli 2013.

Erlin, E., dkk. 2021. “Analisis Berbagai Strategi dan Model Pembelajaran yang dapat Memberdayakan Kemampuan Metakognitif pada Pembelajaran Biologi”. Bioed: Jurnal Pendidikan Biologi, Vol. 9, No. 2, Pp 30-40, September 2021.

Erniati, dkk. 2022. “Penerapan Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak Teks Iklan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Makassar”. Jurnal Edukasi Nonformal, Vol. 3, No. 1, 2022.

Fitri, Ruqoyyah. 2017. “Metakognitif pada Proses Belajar Anak dalam Kajian Neurosains”. Jurnal Pendidikan, Vol. 2, No. 1, tahun 2017.

Fitriana, Maulida dan Sri Haryani. 2016. “Penggunaan Strategi Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Metakognisi Siswa Sma”. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol. 10, No. 1, 2016, Hlm 1702-1711.

Kompri. 2017. Belajar: Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Yogyakarta: Media Akademi.

Kusumah, Wijaya & Dedi Dwitagama. 2010. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta Barat: PT Indeks.

Lamere, Nurtina. 2021. “Peningkatan Keteramplan Menyimak Berita Menggunakan Metode Listening On Action dan Teknik Rangsang Rumpang Melalui Media Audiovisual Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 35 Makassar”. Skripsi. Diakses pada 27 Mei 2023, pada tautan https://repository.unibos.ac.id/xmlui/handle/123456789/189

Lesmana, Gusman. 2021. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Medan: Umsu Press.

Lestari, Karunia Eka dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. 2018. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Packer, Rhiannon dan Amanda Thomas. 2021. “Transitions to Further Education: Listening to Voice of Experience”. Research in Post-Compulsory Education, Vol. 26, No. 2, 212-230, Tahun 2021. DOI: https://doi.org/10.1080/13596748.2021.1909925

Pantiwati, Yuni. 2015. “Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar dalam Lesson Study untuk Meningkatkan Metakognitif”. Jurnal Bioeducatika. Vol. 3, No. 1, Mei 2915.

Rahman, H, dkk. 2019. Menyimak & Berbicara: Teori dan Praktik. Bandung: Alqaprint Jatinangor-Anggota Ikapi.

Sihaloho, Lasmita, dkk. 2018. “Pengaruh Metakognitif Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Melalui Efikasi Diri Siswa”. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, Vol. 6, No. 2, Hal 121-136.

Sucipto. 2017. “Pengembangan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dengan Menggunakan Strategi Metakognitif Model Pembelajaean Probelm Based Learning”. Jurnal Pendidikan, Vol. 2, No. 1, tahun 2017.

Susanti, Elvi. 2019. Keterampilan Menyimak. Depok. PT Rajagrafindo Persada.

Yustina, Lin N.I.S dan Bambang Sugiarto. 2012. “korelasi antara keterampilan metakognitif dengan hasil belajar siswa di SMAN 1 Dawarblandong, Mojokerto”. Unesa Journal of Chemical Education, Vol. 1, No. 2, pp 78-83 September 2012.




DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v11i2.3046

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/