PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DRAMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DENGAN MEDIA RAGATA (RANGKAIAN GAMBAR CERITA)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks drama peserta didik kelas VIII-F di UPT SMP Negeri 22 Gresik. Melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan media pembelajaran RAGATA (rangkaian gambar cerita). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan menulis drama, observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada kemampuan menulis teks drama siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan media RAGATA. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata dan presentase pada setiap siklus. Dalam simpulan, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan media RAGATA dapat meningkatkan kemampuan menulis teks drama peserta didik kelas VIII-F di UPT SMP Negeri 22 Gresik. Oleh karena itu, model pembelajaran ini dapat direkomendasikan sebagai alternatif bagi pendidik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran menulis teks drama pada peserta didik Sekolah Menengah Pertama.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Haerullah, Adr. dkk. 2017. Model & Pendekatan Pembelajaran Inovatif (Teori dan Aplikasi). Yogyakarta: CV Lintas Nalar
Hamid, Marwan. dkk. 2019. Analisis Jalur Dan Aplikasi Spss Versi 25. Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-raniry Banda Aceh
Harsiwi, Udi Budi. dkk. 2020. Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Surakarta: Universitas Duta Bangsa Surakarta
Hartono, Budi. 2019. Metode Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Kompetensi Teknik Pemesinan Bubut. Surabaya: Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Haryoko, Sapto. dkk. Analisis Data Penelitian Kualitatif (Konsep, Teknik, & Prosedur Analisis). Makasar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar
Himmah, Fakinatul Izzun. dkk. 2023. Analisis Gaya Belajar Siswa untuk Pembelajaran Berdiferensiasi. Semarang: Universitas Negeri Semarang
Khotimah, Sita Khusnul. dkk. Penerapan Media Gambar Sebagai Upaya dalam Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Pelita Bangsa
Liansari, vevy. dkk. 2021. Strategi Pembelajaran. Sidoarjo: UMSIDA PRESS
Nojeng, Asis dkk. 2021. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Drama dengan Pendekatan Kontekstual Komponen Pemodelan di Kelas XI SMAN 9 Gowa. Gowa: Universitas Muhammadiyah Makassar
Parnawi, Ali. 2021. Penelitian Tindakan Kelas (Classroon Action Resreach). Yogyakarta: CV BUDI UTAMA
Prasetyo, Adirasa Hadi. dkk. 2021. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Inspiratif. Indramayu: Adanu Abimata
Prihatin, Yulianah. 2019. Model Pembelajaran Inovatif Teori Dan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari
Sulistio, Andi. dkk. 2022. Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning Model). Purbalingga: Eureka Media Aksara
Syamsuddin, Rohana. 2021. Buku Keterampilan Berbahasa Indonesia. Makasar: Universitas Negeri Makasar
DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v11i2.3047
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia
Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:
![]() | ![]() | ![]() | ||
![]() | ||||
Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/