REPRESENTASI BUDAYA JAWA DALAM NOVEL LOVE IN LUMAJANG KARYA A.C. AGNI: KAJIAN ANTROPOLOGI SASTRA

Sunu Setiawan Utama, Apriliya Wijayanti, Indah Ayu Purboningrum, Sumarwati Sumarwati, Andayani Andayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berbagai nilai dan wujud budaya yang direpresentasikan dalam novel Love in Lumajang. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan antropologi sastra yaitu pendekatan interdisipliner yang secara khusus mengkaji berbagai aspek kebudayaan manusia yang tercermin melalui karya sastra. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Love in Lumajang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Untuk menganalisis data digunakan teknik analisis konten, yang terdiri dari 3 prosedur berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan wujud dan unsur kebudayaan yang terkandung dalam novel Love in Lumajang. Wujud budaya tersebut mencakup (1) ideas, (2) activities, (3) artifact. Sedangkan unsur yang terkandung meliputi (1) bahasa, (2) sistem pengetahuan, (3) sistem kemasyarakatan dan organisasi sosial, (4) sistem peralatan hidup dan teknologi, (5) sistem ekonomi dan mata pencaharian, (sistem religi).


Keywords


Antropologi sastra, novel Love in Lumajang, budaya

Full Text:

PDF

References


Agni, A. C. (2020). Love In Lumajang . Bandung : Alinea Media Pustaka.

Budiwati, Y. (2005). Ilmu Budaya Dasar . Jakarta : Universitas Terbuka.

Darma, B. (2004). Pengantar Teori Sastra . Jakarta : Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.

Endraswara, Suwardi. (2013). Metodologi Penelitian Antropologi Sastra. Yogyakarta

Febrianto, Diki &Anggraini, Purwanti. (2019). Representasi Pewayangan Modern : Kajian Antropologi Sastra dalam Novel Rahvayana Aku Lala Padamu Karya Sujiwo Tedjo. Jurnal Jentera. 8(1).12-25.

Ihsan, B., & Zuliyanti, S. (2018). Kajian antropologi sastra dalam novel ranggalawe: mendung di langit majapahit karya gesta bayuadhy. PENTAS: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 4 (1), 33-40.

Kluckhohn, C. (1953). Universal Categories of Culture Antropology Today, A.L. Kroeber Editor. Chichago : University Press.

Koentjaraningrat. (1984). Kebudayaan Jawa. Jakarta: PN. Balai Pustaka

Koentjaraningrat. (2002). Pengantar Ilmu Antropologi . Jakarta : Rineka Cipta.

Koentjaraningrat. (2003). Kamus Antropologi. Jakarta, Progres.

Lestari, Erina. (2017). Representasi Wujud Budaya di Masyarakat Multikultural dalam Novel Burung-Burung Rantau Karya Y.B Mangunwijaya. Jurnal Kembara. 3(2).123-1

Lexy, J. Moleong. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muarifin, M., & Waryanti, E. (2021). Representasi Budaya Jawa Dalam Novel Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari. WACANA: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajaran, 2(5), 33-45.

Nasucha, Y., Rohmadi, M., & Wahyudi, A. B. (2020). Bahasa Indonesia untuk Penullisan Karya Tulis Ilmiah . Yogyakarta : Media Perkasa.

Novitasari, Tukur & Dermawan, Rusdian. (2014). Manusia Bali dalam Novel Tarian Bumi Karya Oka Rusmini: Tinjauan Antropologi Sastra. Jurnal CARAKA. 1(1). 84-87.

Rahmat, Lutfi Irawan. (2019). Kajian Antropologi Sastra dalam Cerita Rakyat Kabupaten Banyuwangi Pada Masyarakat Using. Jurnal Kredo. 3(1)

Ratna, I Nyoman Kutha. (2011). Antropologi Sastra : Perkenalan Awal. Jurnal Metasastra. 4(2). 150-159.

Sudikan, Setya Yuwana. (2007). Antropologi Sastra. Surabaya: Unesa University Press

Sulastri, S., Simarmata, M. Y., & Hartati, M. (2019). Wujud Implementasi Kebudayaan Masyarakat Kalimantan Barat Pada Novel Ngayau Karya R Masri Sareb Putra. Jurnal Pendidikan Bahasa, 1(8), 139-155.

Sulistiyana, P. (2014). Representasi Kemiskinan dalam Novel Jatisaba Karya Ramayda Akmal (Kajian Sosiologi Sastra). Bahtera Sastra: Antologi Bahasa dan Sastra Indonesia, 2

Suryani, Syahroma Eka dan Rahmawati, Endang. (2022). “Unsur-unsur Budaya Suku Bajo dalam Novel Mata dan Manusia Laut Karya Okky Madasari: Kajian Antropologi Sastra”. SEMIOTIKA Volume 23(1). 46-64.

Sutardi, Heru Kurniawan. (2012). Penulisan Sastra Kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu

Teeuw, A. (2013). Membaca dan Menilai Sastra. Jakarta: Gramedia

Wahyuningsi, Endang. (2018). Pergeseran Nilai Budaya Jawa dalam Novel Canting Karya Arswendo Atmowiloto: Suatu Kajian Antropologi Sastra. Jurnal KATA. 2(2). 326-335.

Wardiyah, D. (2017, April 27). Unsur-Unsur Kebudayaan Dalam Novel Hanya Sebutir Debu Karya Sandi Firly. Pengembangan Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Marwah Bangsa, hal. 378-387.

Wellek, Rene dan Austin Wereen. (1985). Teori Kesastraan, Terjemahan. Jakarta: Gramedia.

Widagdho, D. (2014 ). Ilmu Budaya Dasar . Jakarta : PT Bumi Aksara.

Wuwung, M. C., Budiana, D., & Wijayanti, C. A. (2021). Representasi Budaya Jawa dalam Film Tilik. Jurnal E-Komunikasi, 2(9), 1-9.




DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v11i2.3061

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/