Nilai Nasionalisme Dalam Novel Habibie dan Ainun Karya Bcahruddin Jusuf Habibie Dengan Pendekatan Sosiologi Sastra

Iwan Fals, Dzarna Dzarna, Eka Nova Ali Vardani

Abstract


Nasionalisme adalah gerakan ideologis yang bertujuan untuk mencapai dan mempertahankan otonomi, persatuan, dan identitas suatu populasi yang oleh sebagian anggotanya dianggap sebagai "bangsa" sejati. Kebangsaan dapat digunakan oleh siapa saja, termasuk Habibie dan Ainun dalam novel tersebut. Salah satu novel yang menggambarkan nilai nasionalisme dalam novel Habibie dan Ainun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai patriotisme, rela berkorban dan solidaritas dalam novel Habibie karya Bacharuddin Jusuf Habibie dan nasionalisme Ainu dengan pendekatan sosiologi sastra Ian waat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah novel Habibie dan Ainun karya Bacharuddin Jusuf Habibie. Materi penelitian ini berupa penggalan kalimat, dialog dan prolog dari novel. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat nilai nasionalisme dalam novel Habibie dan Ainun. Nilai nasionalisme tersebut meliputi (1) nasionalisme cinta tanah air berupa perduli, kesetiaan dan pengabdian, (2) Nasionalisme rela berkorban berupa pengorbanan waktu/tenaga, pengorban pemikiran dan pengorbanan materi,(3) Nasionalisme solidaritas yang berupa kerjasama dan membangun tali silaturrahmi.

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Ahyar Joni. (2016). Apa Itu Sastra: Jenis-Jenis Karya Sastra dan Bagaimanakah Cara Menulis dan Mengapresiasi Sastra. Yogyakarya: Deepublish CV Budi Utama.

Haslinda, D.r. (2019). Kajian Apresiasi Prosa Fiksi Berbasis Kearifan Lokal Makassar . Makasar : LPP Unismuh Makassar.

Imron, A. & Nugrahani, F. ( 2017 ) Pengkajian Sastra Teori Dan Aplikasi .Surakarta: CV. Djiwa Amarta Press.

Hidayat Riyan (2017). Aspek Sosiologi Sastra Dalam Novel Menggapai Matahari Karya Dermawan Wibisono. Jurnal Retorika, Volume 10, Nomor 2.

Indrastuti, N. S. K. (2019). Nasionalisme Dalam Bingkai Kritik Sosial: Kajian Sosio- Pragmatik Terhadap Puisi Indonesia Modern. Poetika : Jurnal Ilmu Sastra Vol. VII No. 1.

Teguh, A. N., Herman J. Waluyo, & Suyitno. (2017). Kajian Sosiologi Sastra Dan Pendidikan Karakter Dalam Novel Simple Miracles Karya Ayu Utami Serta Relevansinya Pada Pembelajaran Sastra Di Sma. Jurnal Ilmiah Didaktika, VOL. 18, NO. 1, 103-117. Nur E. P. & Inderasari Elen (2021). Penanaman Nilai Nasionalisme Melalui Kepedulian Lingkungan Alam dalam Novel Si Anak Pemberani Karya Tere Liye. Jurnal Bahasa dan Sastra Vol.12, No. 1, April 2021, hlm. 14 -24

Putri, D. R. (2016). Nasionalisme dalam novel gora karya rabindranath tagore. Jurnal Sosial Dan Humaniora, VOL.6, NO.2. hal. 123-134.

Rismawati & Nasution, W. (2020). Nasionalisme Dalam Film Surat Kaleng Karya Azhari Meugit. Jurnal Metamorfosa Volume 8, Nomor 2.

Amalia Anisa, dkk ( 2019). Kajian Sosiologi Sastra Novel “Kembali”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume 2 Nomor 4. hlm. 5529-534.

Permatasaria , N. E. & Indera. E. (2021). Penanaman Nilai Nasionalisme Melalui Kepedulian Lingkungan Alam dalam Novel Si Anak Pemberani Karya Tere Liye. Jurnal Bahasa dan Sastra, Vol. 12, No. 1, hlm. 14—24.

Eva, N. T. (2017). Pengaruh Empati Terhadap Kepedulian Sosial Pada Remaja. Malang: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang.

Setiawan, A. dkk. (2016, Juli, Selasa). Nasionalisme dalam Novel 5cm Karya Donny Dhirgantoro: Pendekatan Sosiologi. Nationalism in Novel 5cm by Donny Dhirgantoro: A Sociological Approach to, pp. 1-5.

Wahidah, N. (2016). Kajian Sosiologi Sastra Novel Dua Ibu Karya Arswendo Atmowiloto: Suatu Tinjauan Sastra. jurnal pendidikan , Volume IV Nomor 1.

Nurul,H., Wildan, & Sa’adiah.(2017). Analisis Nilai Budaya Dalam Novel Lampuki Karya Arafat Nur. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Jurusan PBSI. Vol. 2 No. 4 .

Lilis, N,. Elmustian , Zulhafizh (2022). Nilai Perjuangan dalam Novel Orang-Orang Biasa Karya Andrea Hirata dan Implikasinya Bagi Pembelajaran Karakter di SMA Sederajat. Jurnal Pendidikan Tambusai. Volume 6 Nomor 2.

Setiadi, Rizal, (2022). Analisis Unsur Intrinsik Dan Ekstrinsik Novel Negeri Di Ujung Tanduk. Karya Tere Liye Sebagai Alternatif Bahan Ajar kelas XII, Bandung : Universitas Pasundan

Ratna, N. K. (2015) . Teori ,Metode Dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Siswantoro. (2020). Metode Penelitian Sastra Analisis Struktur Puisi. Yogyakarta : Pustaka Belajar .

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suwarno Widodo. (2011). Implementasi Bela Negara Untuk Mewujudkan Nasionalisme. Jurnal Ilmiah CIVIS, Volume I, No 1.

Imron Ali . (2020) Nasionalisme Soekarno Dan Konsep Kebangsaan Muifassir Jawa. Jakarta . Litbangdiklat press.

Pambayun, M. R. S. & Agustinus, S. P S. (2019) . Silaturahim Sebagai Bentuk Utama Dalam Kepedulian Sosial Pada Tradisi Weh-Wehan Di Kaliwungu. Indonesian Journal of Conservation Volume 8 (01).

Sulastr Saptiana. (2019) Representasi Nilai Kesetiaan Dalam Novel Negeri Di Ujung Tanduk Karya Tere Liye. : Joernal Pendidikan Bahasa, Vol. 8, no. 2

Sri , W. M . (2008) Pengabdian Tokoh Kuntara Terhadap Keluarga Dalam Novel Saksi Mata Karya Suparto Brata Suatu Tinjauan Sosiologi Sastra. Yogyakarta. Program Studi Sastra Indonesia Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

Saddhono, K., Waluyo, H. J., & Raharjo, Y. M. (2017). Kajian Sosiologi Sastra Dan Pendidikan Karakter Dalam Novel Nun Pada Sebuah Cermin Karya Afifah Afra Serta Relevansinya Dengan Materi Ajar Di Sma. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol. 6, No.1




DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v11i3.3119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/