Masalah utama pada penelitian ini adalah rendahnya keterampilan menulis surat resmi pada peserta didik kelas VII SMPN 1 Gunungwungkal Pati tahun ajaran 2022/2023. Untuk meningkatkan keterampilan menulis surat resmi, peneliti menerapakan model pembelajaran case-based learning. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII A yang terdiri 28 peserta didik. Berdasarkan hasil peneitian yang dilakukan, data hasil belajar yang diperoleh peserta didik dalam menulis surat resmi nilai tertinggi 95, nilai terendah 50, dan jumlah keseluruhan 2255 dengan nilai rata-rata 81. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model case-based learning dalam pembelajaran menulis surat resmi peserta didik kelas VII SMPN 1 Gunungwungkal Pati.
Keywords
Model Pembelajaran Case-based Learning, Menulis Surat Resmi
Asropah, Septiana, I., Muhajir, & Ripai, A. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah Populer Bagi Guru. Kumawala, Vol. 5 No. 1, 156-163. https://doi.org/10.24198/kumawula.v5i1.36149
Dayu, D. P., Kurniawati, R. P., & Rulviana, V. (2022). Pembelajaran Blended Learning Model Case Based Learning pada Implementasi Kurikulum Merdeka. Mageatan: Media Grafika.
Purwanto, D. (2007). Korespondensi Bisnis Modern. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Wibowo, H., & Hendriyani, I. (2018). Materi Utama Bahasa Indonesia SMP (Revisi). Depok: Puri Cipta Media.
Wospakrik, F., Sundari, S., & Musharyanti, L. (2020). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Case Based Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Health of Studies Vol 4 No. 2, 30-37. https://ejournal.unisayogya.ac.id/index.php/JHeS/article/view/515/528