GAMBARAN WATAK TOKOH UTAMA DALAM NOVEL BRING ME TO JANNAH KARYA NUR HOIRIAH

Oki Diana Gesti Ayua, Asnawi Asnawi

Abstract


Novel dalam penelitian ini berjudul “Bring Me to Jannah”. Novel ini bercerita tentang perempuan yang dijodohkan oleh kedua orang tuanya dengan anak sahabat mereka yakni Farhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi karakter atau watak tokoh “Bring Me to Jannah” karya Nur Huroirah secara analitik dan dramatik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa perwatakan tokoh Nafisa Humairah Azzahra memiliki watak cuek, keras kepala ,kesal, jujur, geer, ceplas-ceplos, dan percaya diri. Perwatakan tokoh tersebut digambarkan pengarang secara analitik dan dramatikal. Novel Bring Me to Jannah sangat baik dijadikan bahan bacaan dan referensi bahan ajar, karena novel tersebut mengandung banyak nilai-nilai kehidupan yang positif dan baik jika dijadikan sebagai pengalaman dan teladan. Hasil penelitian dapat dijadikan sebagai bahan bacaan dan referensi bahan ajar dalam pengajaran sastra.


Keywords


character, figure, novel

Full Text:

PDF

References


Apri, K. (2018). Kajian Kesusastraan. Magetan Jawa Timur. CV. AE Media Grafika.

Bagus. (2016). Analisis Karakter Tokoh Utama Dalam Novel Lolita Karya Vladimir Nabokov. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 391-402.

Budi, A. P., & Raditya, H. (2020). Analisis Karakter Tokoh Utama Dalam Novel Semua Ikan Di Langit Karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 14 (2), 87– 98.

Endraswara, Si. (2013). Metodologi Peneilitian Sastra, Edisi Revisi. Jakarta: MedPres.

Fazalani, R. (2021). Analisis Karakter Tokoh Utama Dalam Novel I Am Sarahza Karya Hanum Salsabiela Rais & Rangga Almahendra. Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 4(2), 212-122.

Giawa, I.P, Duha, A., & Dakhi, S. (2022). Analisis Perwatakan Tokoh Dalam Novel Pertemuan Dua Hati Karya Nh. Dini. Jurnal Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 2 (2), 11-21

Hoiriah Nur. (2020). Novel Bring Me To Jannah. Depok Jawa Barat: PT Bumi Semesta Media.

Lusiana, D. (2019). Kepribadian Tokoh Utama Dalam Novel Pulang Karya Tere Liye : Analisis Psikologi Sastra Program Studi Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya. Jurnal Edukasi Nonformal, 4 (1), 202-219.

Magdalena, Hudiyono, Y., & Purwanti. (2021). Tokoh Dan Penokohan Dalam Novel Diary Sang Model Karya Novanka Raja. Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya. 5 (1), 136-151.

Misno, Mursalim, & Dahlan, D. (2022). Perwatakan Dan Nilai Moral Tokoh Utama Novel Laskar Pelangi Dan Novel Mimpi Anak Pulau: Kajian Sastra Bandingan. Jurnal Ilmu Budaya, Bahasa, Sastra, Seni dam Budaya. 6 (2), 359-371.

Moleong, Lexy J. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Novia, I.D. (2020). Teknik Pelukisan Tokoh Utama dalam Novel Orang-Orang Biasa Karya Andrea Hirata. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia. 2(1), 345-357

Nurgiantoro, B. (2010). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press

Ridwan, H.M. (2018). Analisis Watak Tokoh dalam Novel Kitab Cinta Yusuf Zulaikha Karya Taufiqurohman Al-Azizi. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam. 9(2.), 398-408.

Shopian. (2018). Analisis Tokoh dan Penokohan dalam Novel Keajaiban Adam Karya Gustim Fabiano. Jurnal Samudera Bahasa. 3 (1), 36-44.

Sri, W. (2020). Analisis Perwatakan Tokoh Utama pada Novel Anak-Anak Tukang Karya Baby Ahnan dalam Molar Molekular: Tinjauan Psikologi Sastra. e-Jurnal Senasaba, (online), 3 (2). http://researchreport.umm.ac.id

Wicaksono. (2017). Analisis Tokoh dan Penokohan dalam Novel Kenanga. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (JIPBSI). 1 (1), 1-12.

Yuliana, L,S., & Agus, W. (2022). Perwatakan Tokoh Dalam Novel Genduk Karya Sundari Mardjuki. Jurnal Bahasa dan Pengajarannya. 2(2), 141-156.




DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v11i4.3387

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/