stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
PENINGKATAN KETRAMPILAN MENULIS CERITA FIKSI MELALUI METODE PENDEKATAN PROSES | SenoTaji | SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

PENINGKATAN KETRAMPILAN MENULIS CERITA FIKSI MELALUI METODE PENDEKATAN PROSES

Achmad Dwi SenoTaji, Main Sufanti

Abstract


Menulis cerita fiksi merupakan salah satu aspek penting dalam pengembangan keterampilan literasi siswa. Namun, dalam praktiknya, banyak siswa mengalami kesulitan dalam mengembangkan keterampilan menulis cerita fiksi yang memadai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Penerapan Metode Pendekatan Proses dalam meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia siswa Kelas X SMK Satya Bhakti. Metode pengumpulan data: observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata seluruh siswa yaitu dari nilai rata-rata 62,06 pada siklus I menjadi 80,34 pada siklus II, dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 93,10% yang sebelumnya hanya 48,27%. Disimpulkan bahwa penerapan metode pendekatan proses dapat meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia pokok bahasan menulis cerita pada siswa Kelas X SMK Satya Bhakti. 


Full Text:

PDF

References


A. Syukur Ghazali. (2013). Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

¬_______________. (2010). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung: PT Rafika Aditama.

Ahmad Rofi’udin dan Darmiyati Zuchdi.(1999). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Ainia Prihantini. (2015). Master Bahasa Indonesia. Yogyakarta: B first.

Andri Wicaksono. (2014). Pengkajian Prosa Fiksi. Yogyakarta: Penerbit Garudhawaca.

B. Rahmanto. (1989). Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Basrowi, 2008. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Bogor: Ghalia Indonesia. Darmawati.

Sastra Bahasa Indonesia, Jakarta: Intan Pariwara.

Burhan Nurgiyantoro. (2001). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Dalman. (2012). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Didik Komaidi dan Wahyu Wijayati. (2011). Panduan Lengkap PTK. Yogyakarta: Sabda Media.

Diknas. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka. Hadi Haryono, 2005.

Metode Penelitian Aplikatif. Jakarta: Balai Pustaka.

Djamarah, Syaiful Bahri. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

FTAR RUJUKAN [1] Aunurrahman, 2010. Penelitian Lanjutan, Jakarta: Diknas.

Henry Guntur Tarigan. (1986). Menulis: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung

: Penerbit Angkasa.

Heru Kurniawan. (2014). Pembelajaran Menulis Kreatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Jabrohim, Suminto A. Sayuti, dan Chairul Anwar. (2001). Cara Menulis Kreatif. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar Offset.

Liang Gie, The. (2002). Terampil Mengarang. Yogyakarta: Andi.

Muhammad Azhar. 1993. Metode Pembelajaran Aktif. Jakarta: Surya Kencana. Nurkencana. 1990. Metode Penelitian Aplikatif, Bandung: CV. Wacana Prima. Nurudin. (2007). Dasar-dasar Penulisan. Malang : UMM Press.

Pangesti Wiedarti. (Ed.). (2005). Menuju Budaya Menulis: Suatu Bunga Rampai.

Yogyakarta: Penerbit Tiara Wacana.

Riyanto, 2001. Metodologi Penelitian Pendidikan, Surabaya: SIC.

Sardiman. 2007. Media Pembelajaran, Jakarta: Irama Widya. Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Syaiful Sagala. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: PT. Alfabeta. Sugiyono.

Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.

Tim Pustaka. 2008. Pembelajaran Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka




DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v12i1.3506

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol