PENGGUNAAN BAHASA PERSUASIF IKLAN BODY LOTION SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR PADA SISWA SMP
Abstract
Metode deskriptif kualitatif dipilih oleh peneliti dalam melakukan penelitian terhadap penggunaan bahasa persuasif iklan body lotion ini. Dalam proses pengumpulan data, penelitian menggunakan teknik yang melibatkan pengamatan, penyimakan, dan pencatatan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah iklan body lotion yang ditonton pada aplikasi YouTube, serta di dalamnya terdapat teknik persuasif. Dalam penelitian ini, peneliti menemukan lima dari tujuh teknik persuasif . Kelima teknik tersebut yaitu rasionalisasi, identifikasi, sugesti, konformitas, dan penggantian. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan bahasa persuasif pada iklan body lotion sebagai alternatif bahan ajar pada siswa SMP. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai pilihan atau alternatif bahan ajar yang dapat dipakai oleh guru ketika menyampaikan materi terkait iklan pada siswa SMP kelas VIII. Materi iklan terdapat pada KD 3.4 “Menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan, dan poster dari berbagai sumber yang dibaca atau didengar”.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Chaer, Abdul. 2002. Psikolinguistik. Jakarta: Rineka Cipta.
Chaer, Abdul. 2014. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Dalman. 2012. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.
Hasibun, ani Nursaadah. 2019. Penggunaan Kalimat Persuasif Pada Artikel Majalah Surat Muhammadiyah Edisi Januari 2019. Skripsi. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Keraf, G. (2007). Diksi dan Gaya Bahasa.Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama
Kridalaksana. 2014. Fungsi dan Sikap Bahasa.Nusa Indah: Enda Flores.
Lestari, I. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi: Sesuan Dengan KTSP. Padang: Akademia.
Lia Periwi. 2020. Penggunaan Kalimat Persuasif Pada Iklan Shampo Di Channel Trans TV. Skripsi. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Maulina, Fatiya, dkk. 2018. Penggunaan Bahasa Persuasif Iklan Komersial Di Televisi Dan Implikasinya Di SMP. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran) (halaman 1-8). Lampung: Universitas Lampung.
Muyassaroh dan Mohd.B.I. 2021. Penggunaan Bahasa Persuasif Dalam Iklan Layanan Masyarakat Untuk Menyosialisasikan Kehidupan Baru Di Era Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Tulungagung. Kongres International Masyarakat Linguistik (halaman 227-233). Makasar: IAIN Tulungagung.
Oktavia, P.S., dkk. 2021. Penggunaan Bahasa Persuasif Pada Komentar Warganet Dalam Pencegahan Wabah Covid-19 Di Media Sosial Instagram. LOCANA , Vol. 4, No.1 (halaman 99-108). Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.
Sari, Y., & Samaya, D. (2021). Analisis Wacana Persuasif Iklan Produk Kecantikan Pada Media Online Tribun Sumsel dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Didactique Bahasa Indonesia, 2(2), 59-68.
Teti Siti Rohimah, D. (2016). Analisis Teknik Persuasi Dan Gaya Bahasa Iklan Pepsodent Di Media Televisi (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Iklan Citra “Pancarkan Ragam Cantik Kulit Indonesia”. 2022. Diakses pada tanggal 20 Desember 2023 melalui https://youtu.be/23u0sGlOTsw.
Iklan Emeron Lovely Official. 2022. Diakses pada tanggal 20 Desember 2023 melalui https://youtu.be/QGQSUy8bQpU.
Iklan Nivea Extra Bright 10 Super Vitamins. 2022. Diakses pada tanggal 20 Desember 2023 melalui https://youtu.be/Cf2ijs0CqsE.
Iklan Vaselin UV Extra Brightening Glutaglow Lotion. 2022. Diakses pada tanggal 20 Desember 2023 melalui https://youtu.be/jPioRPD-eCc.
Natur-E Indonesia. 2022. Diakses pada tanggal 20 Desember 2023 melalui https://youtu.be/zgbOXlBmRIA.
Natural Honey Hijab Series. 2022. Diakses pada tanggal 20 Desember 2023 melalui https://youtu.be/X0QsgfzClq8.
Sahabat Marina. 2022. Diakses pada tanggal 20 Desember 2023 melalui https://youtu.be/MFICB1oBse0.
DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v12i1.3527
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia
Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:
Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/