stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN METODE EXPERIENTIAL LEARNING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X | La Asmin | SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN METODE EXPERIENTIAL LEARNING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X

Nurtisari La Asmin, Nurfathana Mazhud, Ihramsari Akidah

Abstract


Penelitian ini bertujuan Untuk mendeskripsikan proses peningkatan keterampilan menulis puisi menggunakan experiential learning pada mata pelajaran bahasa indonesia siswa kelas X.A MAN Sidrap dan untuk menganalisis hasil peningkatan keterampilan menulis ekspriental learning pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas X.A MAN Sidrap. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode PTK yang memiliki empat tahapan di antaranya: Perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X.A MAN Sidrap yang berjumlah 32 siswa. Data penelitian ini berupa hasil observasi hasil tes kemampuan siswa terhadap keterampilan menulis puisi, analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskripsi kualitatfi dan analisis deskripsi kuantitatif. Berdasarkan pengamatan yang dilakukakn pada prasiklus, siklus I hingga siklus II sikap yang ditunjukkan siswa dari kegiatan yang dilakukan memperlihatkan sikap yang berbeda. Setelah dilakukan tindakan pada siklus II siswa lebih aktif, antusias dan selalu ingin bertanya terkait apa yang mereka tidak pahami. Hal ini sejalan dengan hasil observasi aktivitas siswa yang menunjukkan presentase pada siklus I presentase 53% sedangkan hasil belajar siswa pada siklus II sudah cukup memuaskan dengan presentase 81,25%.


Keywords


Menulis, Puisi Metode Experiential Learnin

Full Text:

PDF

References


Ayure Cusnaki, A. S. (2022). “Mengembangkan Keterampilan Menulis Anak Usia Dini melalui Permainan Blind Ball”. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2544-2552.

Akidah, I. 2018. Peningkatan Pembelajaran Menulis Karangan Persuasi dengan Menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Contoh. Vol XVII. No. 1.

Febriyanti Fira, Y. A. (2022). “Analisis Tindak Tutur perlokusi dalam Atologi Cerpen "Tiur dan Poltak" karya Emasta Evayanti Simanjuntak. Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, 15(2), 1-11. Retrieved from http://ejournal.unibba.ac.id/index.php/metamorfosis

Hasmalani Nurita, A. S. (2013). “Implikatur Tuturan Guru Kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Jambi pada Pembelajaran Bahasa Indonesia”. Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Sastra, 9(1), 1-11.

Ismail Faudiah, D. A. (n.d.). “Meningkatkan Keterampilan Menyimak Melalui Metode Mendongeng Menggunakan Media Kertas Gambar Pada Usia Anak Kelompok B di TK Grand Laugi Parepare”. Anakta, 1-5.

Massitoh, E. I. (2021). “Analisi Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Keterampilan Menyimak”. Seminar Nasional Pendidikan, 330-333.

Meliyawati, S. D. (2023, Januari). “Analisis Tindak Tutur Lokusi Ilokusi dan Perlokusi Pada Tayangan Youtobe Kick andy Edisi Januari 2022 Sebagai Bahan Pembelajaran di SMA”. Ilmu Pendidikan Nonformal, 09(1), 137- 151. doi:http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.1.137-152.2023.

Nazrah Dian, S. M. (2023, Februari). “Implementasi K-13 Revisi Dalam Meningkatkan Psikososial Siswa Di SMP IT Adzkia Babalan Pangkalan Berandan”. Journal of Islamic Studies, 2(1), 64-78.

Nurachman Hanafi, S. M. (2022). “Sosialisasi Ragam Keterampilan Menyimak Bahasa Inggris Bagi Mahasiswa S1 Bahasa Inggris Universitas.

Muhammadiyah Mataram”. Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, 2(1), 96-100. Retrieved from http://journal.unram.ac.id/index.php/darmadiksani.

Nurly, M. (2018). “Studi Peran Media Sosial sebagai Media Penyebaran Informasi Akademik pada Mahasiswa di Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UNSRI”. The Journal of Society & Media 2(1), 2(1), 53-64. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/jsm/index.

Rabiah, Sitti. 2019.”Manajemen pendidikan tingkat tinggi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan”. Jurnal Sinar Manajemen.

Puspita, Andin. 2020. “ Esperiential Learning Efektif Digunakan Dalam Pembeajaran Menulis Puisi Siwa Kelas X SMA LPP UMI Makassar.” Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v12i1.3533

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol