IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR BEHAVIORISME B.F. SKINNER DALAM PEMBELAJARAN MERANCANG NOVEL PADA SISWA KELAS XII IPS

Haniyah Kamilah Az-zahra, Maulfi Syaiful Rizal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan mengenai penerapan Teori Belajar Behaviorisme Operant Conditioning B.F Skinner dalam pembelajaran merancang novel di SMA Negeri 1 Kepanjen serta mengetahui respon siswa. Dalam penelitian ini, peneliti menguraikan bentuk-bentuk pemberian stimulus dan prinsip-prinsip Operant Conditioning B.F Skinner yang diterapkan dalam pembelajaran merancang novel. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan kuisioner. Sedangkan analisis data dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Teori Belajar Behaviorisme Operant Conditioning B.F Skinner dalam pembelajaran merancang novel di SMA Negeri 1 Kepanjen telah mendapatkan respon serta perubahan perilaku siswa ke arah yang lebih baik, khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan materi merancang novel. Penerapan teori tersebut menghasilkan respon yang baik serta perubahan perilaku siswa ke arah yang positif berupa terbentuknya motivasi belajar dan terciptanya sikap disiplin siswa yang lebih meningkat jauh dari yang sebelumnya.


Keywords


Teori Belajar, Operant Conditioning B.F Skinner, Pembelajaran Merancang Novel

Full Text:

PDF

References


Ahmad Najib. (2021) “Analisis Perbandingan Hukuman Menurut Muhammad ‘Atiyyah AlAbrasyi dan B.F Skinner dalam Pendidikan”, Tesis pada Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Arends, R. I. (2008). Learning to teach. Belajar untuk mengajar (terj.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Van Brummelen, H. (2006). Berjalan bersama Tuhan di dalam kelas. Jakarta: Universitas Pelita Harapan.

Dirman dan Cicih Juarsih. (2014). Teori Belajar dan Prinsip-prinsp Pembelajaran yang mendidik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dhori, M. (2021). Analisis Teori Belajar Behavioristik dalam Proses Belajar Mengajar di SD Negeri 7 Kayuagung. HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education, 1(1), 110-124.

Erford, Bradley T. 2016. 40 Teknik yang Harus Diketahui Setiap Konselor: Edisi Kedua. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

E. Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013), hal.108.

Harahap, Sri Belia. 2020. Strategi Penerapan Metode Ummi dalam Pembelajaran AlQur’an. (Surabaya: Scopindo Media Pustaka).

Ismail, R N, and N Mudjiran. “Membangun Karakter Melalui Implementasi Teori Belajar Behavioristik Pembelajaran Matematika Berbasis Kecakapan Abad 21.” Menara IlmuXIII, no. 11 (2019): 76–88. http://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menarailmu/article/view/1649.

Komalasari, Dkk. 2011. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: Indeks.

Mahmudi, M. (2016). Penerapan Teori Behavioristik Dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Kajian Terhadap Pemikiran Bf. Skinner). Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 1(2).

Mulyadi Mulkam, E. I. (2015). Pengaruh penerapan teori belajar Operant Conditioning dalam Mata

Pelajaran PPkn terhadap Perbaikan Perilaku Peserta Didik di SMP negeri 6 Kayuagung. Jurnal

Bhinneka Tunggal Ika, 2(1), 59–64.

M. Fadhil Alghi Fari Majid dan Suyadi. 2020. Penerapan Teori Belajar Behavioristik dalam Pembelajaran PAI di SDN Nogopuro Yogyakarta, Jurnal PAI Raden Fatah, Vol. 2, No. 1, 2020, h. 151

Nahar, Novi Irwan. 2016. Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran. Nusantara ( Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial ). ISSN 2541-657X. ( DIakses pada tanggal 31 Mei 2018 )

Naim, Ngainun. 2012. Character Building; Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Pengembangan Ilmu & Pembentukan Karakter Bangsa. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Ningrum M, dkk. 2019. Peran Guru Kelas Dalam Pelayanan Bimbingan Konseling Sebagai Motivasi Prestasi Peserta Didik. Jurnal Ilmiah PSYCH. 13, (2), 98-107.

Sulistyorini, Manajemen Pendidikan Islam, (Surabaya: Elkaf, 2014), hal. 148

Sugandi, Ahmad. Teori Pembelajaran. semarang: UPT MKK UNNES, 2007.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Suyadi, S. (2021). Penerapan teori belajar behavioristik Skinner dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 11(2), 177-192.

Winkle. W.S. 1991. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo

Yohana Febriani, dkk, Teori Pembelajaran, (Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 2021), hal. 57-58

Zainal, aqib. 2011. Pedoman Teknis Penyelenggaraan PAUD. Bandung: Nuansa Aulia




DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v12i1.3554

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/