Peningkatan Kemampuan Membaca Awal Dengan Bantuan Media Gambar Pada Siswa Kelas 1 MI Muhammadiyah I Jombang Tahun Pelajaran 2014/2015
Abstract
Pada kenyataaannya di lapangan masih banyak siswa kelas I SD/MI yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran membaca awal. Faktor penyebabnya bukan hanya terletak pada diri siswa tapi juga terletak pada faktor guru yang mengajarkan membaca permulaan. Salah satunya adalah guru yang tidak kreatif dalam penggunaan media/ alat pembelajaran yang tepat, di mana penggunaan media atau alat pembelajaran yang tepat dapat mempengaruhi perkembangan kemampuan membaca awal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca awal dengan bantuan mediagambar pada siswa kelas I MI Muhammadiyah I Jombang tahun pelajaran 2014/2015. Media gambar dapat meningkatkan kemampuan membaca awal pada siswa kelas I SD/MI sehingga dalam penelitian ini media gambar merupakan sarana utama yang digunakan. Hasil yang diperoleh pada pra siklus sebesar 1120 dan pada siklus pertama diperoleh hasil sebesar 1300 sehingga terjadi peningkatan 10,58%. Sedangkan pada siklus kedua diperoleh hasil sebesar 1530 dan terjadi peningkatan 13,53% sehingga total peningkatan pada penelitian ini sebesar 24,11%. Berdasarkan pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini telah diperoleh hasil bahwa media gambar dapat meningkatkan kemampuan membaca awal pada siswa kelas I MI Muhammadiyah I Jombang.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v2i2.395
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 SASTRANESIA (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia)
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia
Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:
![]() | ![]() | ![]() | ||
![]() | ||||
Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/