Pemerolehan Makna Pragmatis Dalam Tindak Tutur Direktif pada Anak Usia 5 Tahun

Fitri Resti Wahyuniarti

Abstract


Pemerolehan bahasa merupakan fenomena yang hanya dimiliki oleh manusia. Namun, dalam menyikapi fenomena tersebut terdapat perbedaan dudut pandang di antara para ahli. Ada yang memandang bahasa seseorang merupakan hasil pajanan yang diperoleh dari lingkungannya. Sebaliknya, ada yang memandang bahasa merupakan kapasitas sejak lahir. Oleh karena itu, pemerolehan makna bahasa pada anak sangat esensial bagi perkembangan kemampuan komunikatifnya. Dalam kegiatan komunikasi, makna berperan dan berkedudukan sangat penting dalam penyusunan dan pemahaman pesan karena pada hakekatnya tujuan berbahasa adalah untuk mengkomunikasikan makna.

Penelitian ini mendeskripsikan bentuk pemerolehan makna pragmatis dalam tindak tutur direktif pada anak usia 5 tahun. Bentuk-bentuk tuturan yang dideskripsikan dan dimaknai berdasarkan konteks tuturan dalam peristiwa tutur yang sedang terjadi.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang digunakan untuk memotret pemerolehan makna pragmatis dalam tindak tutur direktif. Data penelitian ini berupa tuturan anak usia 5 tahun yang diindikasikan sebagai pemerolehan makna pragmatis dalam tindak tutur direktif. Data tersebut diperoleh dari tuturan anak usia 5 tahun di Jombang. Dalam penelitian ini, peneliti bertindak sebagai instrumen kunci. Oleh karena itu, kehadirannya wajib dalam pengumpulan data. Pengumpulan data menggunakan alat perekam untuk merekam tuturan anak dan alat tulis untuk mencatat konteks peristiwa tutur. Pada pengumpulan data, peneliti hanya mengamati tanpa terlibat dalam interaksi. Analisis data dengan memperhatikan konteks peristiwa tutur untuk memaknai semua data sampai memperoleh data temuan dan simpulan


Full Text:

Tidak berjudul

References


Clark, Herbert H. and Clark, Eve V. (1977). Psychology and Language: An Introduction to Psycholinguistic. New York: Harcourt Brace Jovanovich.

Dardjowidjojo, Soenjono. (2003). Echa: Kisah Pemerolehan Bahasa Anak Indonesia. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Ellis, Rod. (1994). The Study Second LanguageAcquisition. Oxford: Oxford University Press.

Pratiwi, Yuni. (1994). Pemerolehan Kompetensi Tindak Tutur dalam Percakapan Anak Usia Prasekolah Keluarga Jawa. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana IKIP Malang.

Sumarsono. (2004). Sosiolinguistik. Yogyakarta: SABDA.




DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v5i4.660

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 SASTRANESIA (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia)



Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/