STRATEGI KESANTUNAN BERBAHASA PADA DIALOG DRIVER GUIDE DENGAN WISATAWAN JEPANG DI BALI

A.A.Ayu Dian Andriyani

Abstract


Strategi kesantunan berbahasa merupakan satu usaha penutur untuk menghindari tindak pengancaman muka berdasarkan konsep Brown dan Levinson. Pulau Bali sebagai destinasi wisata lokal maupun internasional memiliki berbagai jenis pekerja pariwisata salah satunya driver guide, berfungsi sebagai pemberi jasa layanan terhadap wisatawan salah satunya Jepang. Artikel ini mendeskrisikan strategi kesantunan berbahasa yang digunakan oleh driver guide ketika berinteraksi dengan wisatawan Jepang. Data tuturan diperoleh melalui observasi lapangan dengan teknik rekam, simak dan catat serta didukung oleh tenik wawancara mendalam dengan driver guide senior. Data tuturan direkam tanpa sepengetahuan driver guide untuk mendapatkan data yang ansih. Data dianalisis menurut konteks situasi tutur menggunakan teknik analisis Spreadley yaitu, analisis domain, taksonomi, komponensial dan analisis tema budaya. Ditemukan strategi kesantunan driver guide dominan menggunakan strategi kesantunan positif yaitu, memperlihatkan kesukaan, keinginan, dan kebutuhan lawan tutur, berusaha membesar-besarkan perhatian, persetujuan, dan simpati, berupaya mengintensifkan perhatian, menyatakan paham atau mengerti akan keinginan lawan tutur, memberikan tawaran atau janji, memberikan hadiah. Sedangkan. Strategi kesantunan negatif melalui tuturan yang menggunakan pertanyaan atau pagar (hedge), memberikan penghormatan, menggunakan kalimat yang menyatakan minta maaf, menggunakan bentuk impersonal, tidak menyebutkan penutur dan mitra tutur, mengujarkan tindak tutur itu sebagai kesantunan yang bersifat umum kemudian menggunakan strategi kesantunan bald on record meliputi tuturan secara langsung tanpa basa-basi. Temuan ini dapat dijadikan dasar pemikiran bagi dinas pariwisata Bali untuk meningkatkan kualitas pekerja pariwisata khususnya driver guide agar dapat mengurangi tindakan yang mampu memberikan ketidaknyamanan wisatawan Jepang di Bali

Keywords


Strategi kesantunan berbahasa, driver guide, wisatawan Jepang

Full Text:

pdf

References


Blue, G.M. & Harun, M. 2003. Hospitality language as a professional skill English

for Specific Purposes. Journal of Pragmatics. 22:73-

[cited,2013Nov18th].Availablefrom:URL:http:/www.elsevier.com/locat

e/esp.

Brown, P. and Levinson, S. C. 1978. Universals in Language Usage: Politeness

Phenomena. Cambridge: Cambridge University Press.

Brown, P. and Levinson, S. C. 1987. Politeness: Some Universals in Language

Usage. Cambridge: Cambridge University Press.

Haugh dan Obana. 2011. Edited Kadar & Mills. Politeness In East Asia. New York:

Cambridge; University Press.

Hiraga, M.K and Turner, J.M. 1996. Differing Perceptions of Face in British and

Japanese Academic Setting. Language Sciences, Vol 18, Nos 3-4. pp. 605-

Hiraga, M.K and Chang Wei-Lin. 2011. Strategic Embarrassment and Face

Threatening in Business Interactions. Journal of Pragmatics. 43: 2948-

Huang, S. 2010. A Revised Importance- performance Analysis of Tour Guide

Performance in China. Tourism Analysisi. Vo. 15 (2), 227-241.

http://doi.org/10.3727/1083542110X12724863327803.

Ide, Sachiko. 2001. Kokusaika Shakai No Naka No Keii Hyouugen “keii Hyougen’’

in an Internationalizing Society. Nihongogaku. Vol. 20 (4), 4-13.

Kabaya, Hiroshi. et all. 2010. Keigo Komyunikeeshon. Tokyo: Asakura.

Kaneko, Hiroyuki. 2014. Nihongo Keigo Toreeninggu. Tokyo: PT Ask.

Kristianto, Yohanes. 2016. Bahasa Hospitalitas dalam Ranah Pariwisata: Praktik

Muka. Disertasi. Universitas Udayana.

Lee, Y.L. dan Sparks, B. 2011. Appraising Tourism and Hospitality Service Failure

Events: A Chinese Perspevtive. Journal of Hospitality and Tourism

Research Nov. 1, 2011. 35. Pp. 511-529

Matsumoto, Y. 1988. Reexamination of the Universality of Face: Politeness

Phenomena in Japanese, Journal of Pragmatics. Vol. 12, 403-426.

Mey, J.L. 1993. Pragmatics : An Introduction (First) Oxford: Blackwell.

Mey, J.L. 2001. Pragmatics: An Introduction. Australia: Blackwell Publishing.

Mulyani, 2012. Bahasa Guru’Tindak Tutur Direktif Guru dalam Kegiatan Belajar

Mengajar di Kelas’. Surakarta: UNS Press.

Nadar, F.X. 2009. Pragmatik & Penelitian Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Purnomo, B. 2010. Politeness Strategies and Levels in Tourism-Service Language

in Surakarta Regency. Register, 3 (2) hal 65-101. ISSN 1979-8903.

Purnomo, B. 2011. Tourism-Service Language: A Crosscultural Perspective on

Politeness. Humaniora. Vol. 23. No 2 Juni 2011 pp. 185-198. [cited 2014

jan 28].

Rahayu, Triasih. 2013. Sistem dan Fungsi Tingkat Tutur Bahasa Jepang dalam

Domain Perkantoran. Disertasi. Universitas Sebelas Maret.

Santosa, R. 2017. Metode Penelitian Kualitatif Kebahasaan. Surakarta: UNS

Press.

Sutopo, H.B. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif (Dasar dan Teori

Penerapannya Dalam Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Spradley, J.P. 1980. Participant Observation. New York: Holt, Rinehart and

Winston.

Spradley, J.P. 1997. Metode Etnografi. Pent. Misbah Zulfa Elisabeth. Yogyakarta:

Tiara Wacana.

Srisuruk, P. 2011. Politeness and Pragmatic Competence in Thai Speakers of

English Submitted for the degree of doctor of Philosophy School of

Education, Communication and Language Sciences. Newcastle University.

Suzuki, Yukiko.1998. Utsukushii Keigo no Manaa. Tokyo: Miryoku Bijitsu.

Soepardjo, Djodjok & Setiawan Wawan. 1999. Budaya Jepang Masa Kini

(kumpulan artikel). Surabaya: CV. Bintang Surabaya.

Undang-undang RI No 10 tahun 2009 tentang kepariwisataan.

Yule, G. 1996. Pragmatics. New York: Oxford University Press.

Yu, X., Weiler, B., & Ham, S. 2001. Intercultural Communication and Mediation :

a framework for analyzing the intercultural competence of Chinese tour

guides.

Journal of Vacation Marketing, 8(1), 75-87.




DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v6i1.815

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 SASTRANESIA (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/