stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
ANALISIS MAKNA DALAM NOVEL CINTA DI DALAM GELAS KARYA ANDREA HIRATA ARTIKEL JURNAL ILMIAH | men | SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

ANALISIS MAKNA DALAM NOVEL CINTA DI DALAM GELAS KARYA ANDREA HIRATA ARTIKEL JURNAL ILMIAH

AZZAHROTUL LATIFAH men

Abstract


Semantik merupakan ilmu yang mempelajari tentang kemaknaan di dalam bahasa sebagaimana apa adanya, dan terbatas pada pengalaman manusia. Jadi, secara antologis semantik membatasi masalah yang di kajinya hanya persoalan yang terdapat di dalam ruang lingkup jangkauan pengalaman manusia.

Jenis makna dibagi menjadi 8 yaitu Makna Leksikal dan Gramatikal, Makna Referensial dan Nonreferensial, Makna Denotatif dan Konotatif, Makna Kata dan Makna Istilah, Makna Konsteptual dan Makna Asosiatif, Makna Idiomatikal dan Makna Peribahasa, Makna Kias, Makna Lokusi,Ilokusi,dan Perlokusi. Salah satu jenis makna yaitu makna denotatif dan makna konotatif. Makna konotatif dan makna denotatif  banyak dipakai orang dalam kehidupan sehari-hari, makna tersebut secara tidak langsung terdapat dapat ujaran yang dilakukan seseorang dalam berkomunikasi.

Penelitian ini bertujuan untuk mencari makna Denotatif dan makna Konotatif  dalam Novel Cinta di Dalam Gelas Karya Andrea Hirata. Peneliti dalam hal ini memfokuskan penelitian  dari segi makna semantik makna denotatif  dan makna konotatif pada novel Cinta di Dalam Gelas karya Andrea Hirata.

 Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif-deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah novel yang berjudul Cinta di Dalam Gelas karya Andrea Hirata. Adapun data penelitian ini adalah berupa kata yang mempunyai makna denotatif dan makna konotatif yang terdapat dalam novel Cinta di Dalam Gelas karya Andrea hirata. Penelitian ini menggunakan dua instrumen sekaligus yaitu manusia sebagai peneliti dan alat bantu berupa tabel.

Berdasarkan penelitian yang berjudul Analisis makna dalam Novel Cinta di Dalam Gelas karya Andrea Hirata dapat disimpulkan  bahwa dalam novel Cinta di Dalam Gelas ditemukan banyak mengandung makna denotatif dan makna konotatif. Makna denotatif ditemukan dalam novel Cinta di Dalam Gelas dengan jumlah 31 buah kata. Makna konotatif ditemukan di Dalam novel Cinta di Dalam Gelas dengan jumlah 22 buah kata.


Full Text:

XML


DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v1i1.85

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Journal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia



Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol