stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
proses penulisan teks eksposisi melalui model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada siswa kelas X IPA 3 SMA Negeri Mojoagung | men | SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

proses penulisan teks eksposisi melalui model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada siswa kelas X IPA 3 SMA Negeri Mojoagung

Royal men

Abstract


Menulis merupakan suatu keterampilan berbahasa yang dipergunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung, tidak secara tatap muka dengan orang lain. Selain itu, menulis merupakan suatu kegiatan yang produktif dan ekspresif (Tarigan, 1982 : 3). Dalam kegiatan menulis, penulis haruslah terampil untuk memanfaatkan grafolegi, struktur bahasa, dan kosa kata. Untuk terampil dalam menulis ini tidak datang secara otomatis, melainkan melalui praktek dan latihan yang banyak dan teratur (Tarigan, 1982 : 4).

Menulis yaitu suatu cara berkomunikasi, artinya suatu proses pengiriman dan penerimaan pesan-pesan yang pasti terjadi sewaktu-waktu bila manusia atau binatang-binatang ingin berkenalan dan berhubungan satu sama lain. Proses komunikasi dapat berlangsung melalui tiga media, yakni visual, oral, dan written (Webb dalam Tarigan, 1982 : 19).

Pada prinsipnya fungsi utama dari menulis adalah sebagai alat untuk berkomunikasi secara tidak langsung. Di dalam bidang pendidikan menulis juga sangat penting, karena dapat memudahkan pelajar atau siswa dalam berpikir, dapat menuangkan ide-ide kreatif melalui proses menulis. Di dalam mata pelajaran bahasa Indonesia, ada beberapa pembelajaran yang dilakukan untuk melatih siswa terampil dalam menulis. Salah satu contohnya yaitu pembelajaran menulis untuk pembuatan teks. Dalam pembelajaran menulis teks, siswa diminta untuk menuangkan segala ide maupun gagasannya, dan siswa juga diminta mandiri serta bertanggungjawab dalam membuat teks yang telah diperintahkan oleh guru.

Model pembelajaran Project Based Learning atau yang biasa disebut pembelajaran berbasis proyek yaitu model pembelajaran yang melibatkan siswa dalam kegiatan pemecahan masalah dan memberi peluang peserta didik bekerja secara otonom mengkonstruksi belajar mereka sendiri, dan puncaknya menghasilkan produk karya siswa bernilai dan realistik (BIE dalam Trianto, 2014 : 41). Pembelajaran berbasis proyek ini atau Project Based Learning mengharuskan pembelajaran berpusat pada siswa (student centered), dan untuk guru hanya berperan sebagai motivator dan fasilitator saja.

Peneliti berusaha mencari data dengan cara mewawancarai guru mata pelajaran yang bersangkutan tentang masalah-masalah apa yang terjadi saat siswa menulis sebuah teks eksposisi. Adapun masalah yang terjadi adalah (1) siswa kesulitan dalam menuangkan ide, (2) siswa kesulitan saat menentukan judul yang sesuai dengan tema, (3) siswa kesulitan dalam menuangkan sebuah permasalahan, argumen, serta rekomendasi atau solusi. Dan (4) siswa kurang bisa saat mengembangkan indikator-indikator tersebut ke dalam bentuk teks eksposisi. Berdasarkan masalah-masalah yang dikemukakan di atas, peneliti berinisiatif untuk menggunakan model pembelajaran Project Based Learning pada siswa dalam menulis teks eksposisi. Model pembelajaran tersebut diharapkan mampu memudahkan siswa dalam menulis teks eksposisi.


Full Text:

Untitled


DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v1i1.88

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Journal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia



Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol