ANALISIS STRATIFIKASI SOSIAL TOKOH UTAMA DALAM NOVEL 29 JUZ HARGA WANITA KARYA MA’MUN AFFANY

Faris Wahyu

Abstract


Wahyu Firmansyah, Faris . 2014. Analisis Stratifikasi Sosial Tokoh Utama Dalam Novel 29 Juz Harga Wanita Karya Ma’mun Affany. Skripsi.

Dosen Pembimbing: Fitri Resti Wahyuniarti,M,Pd.

 

Kata Kunci: stratifikasi sosial, kedudukan dan peranan, Novel 29 Juz Harga Wanita karya Ma’mun Affany, sosiologi sastra.

 

Penelitian ini berjudul “Analisis Stratifikasi Sosial Dalam Novel 29 Juz Harga Wanita Karya Ma’mun Affany”. Penelitian ini meneliti tentang stratifikasi sosial kedudukan dan peranan yang terdapat dalam novel. Alasan peneliti meneliti stratifikasi sosial kedudukan dan peranan yang terdapat dalam novel karena peneliti ingin mengetahui bagaimanakah gambaran nilai-nilai straitifikasi sosial yang ada dalam kehidupan tokoh utama pada dalam novel, 29 Juz Harga Wanita Karya Ma’mun Affany. Alasan memilih novel karya Ma’mun Affany karena pengarang menyajikan cerita dalam novel banyak disertai pesan-pesan berorganisasi, moral, agama yang dapat dipelajari serta bermanfaat dalam kedudukan dan peranan bagi kehidupan bermasyarakat. Peneliti merumuskan beberapa rumusan masalah yaitu bagaimanakah kedudukan dan peranan stratifikasi sosial tokoh utama dalam hal cinta kasih, pandangan hidup dalam membina keluarga gambaran manusia dan tanggung jawab dalam novel 29 Juz Harga Wanita Karya Ma’mun Affany.

            Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Alasan peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif karena peneliti mendeskripsikan prilaku tokoh utama dalam cerita novel.  dengan menilai melalui sosiologi sastra bagian stratifikasi sosial dalam kedudukan dan peranan yang tergambarkan dalam novel 29 Juz Harga Wanita Karya M’mun Affany. Peneliti menggunakan beberapa langkah dalam pengumpulan data, yaitu observasi, membaca isi novel dan pengkodean pemberian tanda. Pada teknik analisis data peneliti melakukan beberapa langkah untuk mendapatkan jawaban dari rumusan masalah, diantaranya mengklasifikasi data, mendeskripsikan data, analisis data dan penyimpulan data.

Hasil penelitian ditemukan beberapa data dalam novel 29 Juz Harga Wanita Karya Ma’mun Affany yang mengandung nilai stratifikasi sosial kedudukan dan peranan tokoh utama dalam cerita novel. Data yang ditemukan adalah data yang memiliki nilai kedudukan yang meliputi kasih sayang, kemesraan, pemujaan dan belas kasih. Data yang memiliki nilai peranan pandangan hidup yang meliputi cita-cita, kebajikan dan sikap hidup, tanggung jawab yang meliputi tanggung jawab dan pengabdian atau pengorbanan.


Full Text:

XML


DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v1i1.96

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Journal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia



Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
     
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/