STRUKTUR KEPRIBADIAN TOKOH UTAMADALAM NOVELAYAT-AYAT CINTAKARYA HABIBURRAHMAN ELSHIRAZY (SEBUAH KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA)

Ellia Dwi

Abstract


Krisnawati, Ellia Dwi 2012. Struktur Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel Ayat-Ayat Cinta Karya Habiburrahman El Sirazy (Sebuah Kajian Psikologi Sastra) Dosen Pembimbing: Moch. Khozin, S.Ag. M.SI.

 

Kata Kunci: Novel, Struktur Kepribadian, Psikologi

 

Novel adalah cerita berbentuk prosa yang mengungkapkan suatu konsentrasi kehidupan pada saat keadaan tegang dan menggambarkan kehidupan yang tegas.Psikologi lahir sebagai ilmu yang berusaha memahami manusia seutuhnya yang hanya dapat dilakukan melalui pemahaman tentang kepribadian teori psikologi kepribadian melahirkan konsep-konsep tingkah laku. Penelitian ini mengkaji novel Ayat-Ayat Cinta Karya Habiburrahman El Shirazykarya Habiburrahman El Shirazy mengangkat tema sosial dan karakter tokoh yang kuat  tentang tekanan mental dan perubahan yang dialami oleh Fahri  sebagai tokoh utama.

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab dua permasalahan, yaitu aspek kepribadian dan moral tokoh utama.Permasalahan tersebut dianalisis berdasarkan pendekatan Psikologi sastra dengan memanfaatkan teori struktur psikologi Sigmund Freud.

Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan menggunakan metode kualitatif dengan memanfaatkan data yang  terdapat dalam Novel Ayat-Ayat Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy sebagai  bahan analisis. Data yang diperoleh akan dianalisis sesuai teori Struktur Kepribadian Sigmund Freud.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam novel Ayat-Ayat Cinta (1) Kepribadian tokoh Fahri dalam novel Ayat-Ayat Cinta lebih banyak melakukan dan mengalami aspek Ego yakni kebutuhan  psikologis dan Id, sedangkan aspek super ego jarang ditemukan. Dari pebandingan tersebut maka kepribadian Fahri tergolong lebih mengikuti kebutuhan-kebutuhan psikologis kemudian disertai kebutuhan biologis sebagai kelanjutan pemenuhan kebutuhan tersebut. Hubungan sosial sangat jarang dilakukan artinya Fahri memiliki kemampuan bersosial yang baik (2) Moral tokoh Fahri tergolong baik, sesuai dengan data yang diperoleh dari analisis struktur kepribadian, Fahri lebih mementingkan kebutuhan biologis (Id) dan mengikuti kebutuhan psikologi individu (ego), disertai aspek super ego sebagai pertimbangan dalam melakukan sesuatu sehingga yang dilakukan Fahri sesuai dengan norma yang berlaku dalam masyasrakat.


Full Text:

XML


DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v1i1.97

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Journal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia



Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/