DISKRIMINASI GENDER TOKOH UTAMA DALAM NOVEL SETEGAR EBONY KARYA ASIH KARINA

Harianto .

Abstract


Abstrak: Penelitian Diskriminasi gender terbagi menjadi diskriminasi gender subordinasi, deskriminasi gender Stereotropy (pelabelan), diskriminasi gender violenci (kekerasan), dan diskriminasi beban ganda. Diskriminasi gender violenci terbagi menjadi dua yaitu kekerasan psikis dan kekerasan rumah tangga dalam hal ekonomi. Dengan adanya diskriminasi gender ini sebuah karya sastra akan menjadi inspirasi bagi para wanita untuk dapat lebih kreatif dan lebih baik lagi sehingga tidak ada lagi ketidakseimbangan dan ketidakadilan dalam perbedaan gender.

Penelitian mengambil batasan masalah, yakni (1) Bentuk diskriminasi gender dalam kontek subordinasi dalam novel Setegar Ebony karya Asih Karina. (2) Bentuk diskriminasi gender dalam bentuk stereotropy dalam novel Setegar Ebony karya Asih Karina. (3) Bentuk Diskriminasi gender dalam bentuk violenci dalam novel Setegar Ebony karya Asih Karina. (4) Bentuk diskriminasi gender dalam kontek beban ganda  dalam novel Setegar Ebony karya Asih Karina didasarkan pada unsur-unsur penilaian yang terkandung di dalamnya.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu suatu metode yang menganalisis data berupa kata dan frasa yang ada didalam kalimat. Penelitian ini menggunakan sumber data yaitu novel. Data yang digunakan adalah kata, kalimat, dialog, narasi atau paragraf dalam novel Setegar Ebony karya Asih Karina.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa ada empat hal tentang diskriminasi gender yang terkandung dalam novel Setegar Ebony karya Asih Karina. Pertama, diskriminasi gender dalam konteks subordinasi. Kedua, diskriminasi gender dalam konteks Stereotropy (pelabelan). Ketiga, diskriminasi gender Violenci (kekerasan) terbagi menjadi dua yaitu kekerasan psikis dan kekerasan rumah tangga dalam hal ekonomi. Keempat, diskriminasi gender beban ganda.


Full Text:

XML


DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v1i1.98

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Journal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia



Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
     
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/