PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TGT (TEAM GAME TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR FOREHAND TENISMEJA PADA MAHASISWA ANGKATAN 2012- D PROGRAM STUDI PENDIDIKAN JASMANI DAN KESEHATAN STKIP PGRI JOMBANG

Kahan Tony Hendrawan

Abstract


Tujuan penenlitian ini adalah untuk menjelaskan, apakah metode pembelajaran kooperatif TGT (team game tournament) dapat berpengaruh terhadap hasil belajar forehand tenismeja pada mahasiswa angkatan 2012-D program studi pendidikan jasmani dan kesehatan STKIP PGRI Jombang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperiment karena peneliti ingin mengetahui adanya pengaruh metode pembelajaran kooperatif TGT (Team Game Tournament) terhadap hasil belajar forehand tenismeja pada mahasiswa angkatan 2012-D program studi pendidikan jasmani dan kesehatan STKIP PGRI Jombang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa angkatan 2012 program studi pendidikan jasmani dan kesehatan. Untuk sampelnya adalah kelas 2012-D dengan jumlah  40 mahasiswa. Berdasarkan data yang telah terkumpul dan hasil analisis dapat di ketahui hasil uji t hitung = 7,85 dan ttabel dengan taraf signifikansi = 0,05 % adalah 1,68. Dengan peningkatan sebesar 5,46%. Maka dapat disimpulkan ada pengaruh positif tentang metode pembelajaran kooperatif  TGT (team game tournament) terhadap hasil belajar forehand tenismeja pada mahasiswa angkatan 2012-D program studi pendidikan jasmani dan kesehatan STKIP PGRI Jombang.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v2i1.287

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Journal Program Studi Pendidikan Jasmani & Kesehatan



Indexing:

 

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: bravos@stkipjb.ac.id
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index

View Jurnal Bravo's Stats