PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TGT (TEAM GAME TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR FOREHAND TENISMEJA PADA MAHASISWA ANGKATAN 2012- D PROGRAM STUDI PENDIDIKAN JASMANI DAN KESEHATAN STKIP PGRI JOMBANG
Abstract
Tujuan penenlitian ini adalah untuk menjelaskan, apakah metode pembelajaran kooperatif TGT (team game tournament) dapat berpengaruh terhadap hasil belajar forehand tenismeja pada mahasiswa angkatan 2012-D program studi pendidikan jasmani dan kesehatan STKIP PGRI Jombang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperiment karena peneliti ingin mengetahui adanya pengaruh metode pembelajaran kooperatif TGT (Team Game Tournament) terhadap hasil belajar forehand tenismeja pada mahasiswa angkatan 2012-D program studi pendidikan jasmani dan kesehatan STKIP PGRI Jombang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa angkatan 2012 program studi pendidikan jasmani dan kesehatan. Untuk sampelnya adalah kelas 2012-D dengan jumlah 40 mahasiswa. Berdasarkan data yang telah terkumpul dan hasil analisis dapat di ketahui hasil uji t hitung = 7,85 dan ttabel dengan taraf signifikansi = 0,05 % adalah 1,68. Dengan peningkatan sebesar 5,46%. Maka dapat disimpulkan ada pengaruh positif tentang metode pembelajaran kooperatif TGT (team game tournament) terhadap hasil belajar forehand tenismeja pada mahasiswa angkatan 2012-D program studi pendidikan jasmani dan kesehatan STKIP PGRI Jombang.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v2i1.287
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Journal Program Studi Pendidikan Jasmani & Kesehatan
Indexing:
Office:
Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: [email protected]
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index