PENGELOLAAN KOPERASI SEKOLAH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN EKONOMI BAGI SISWA KELAS X DI SMA BUDI UTOMO PERAK JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Dwi Wahyuni

Abstract


Koperasi sekolah merupakan suatu koperasi yang dibentuk di lingkungan sekolah, baik lembaga pendidikan formal maupun non formal, dimana anggotanya adalah para siswa di sekolah tersebut. Fungsi dibentuknya koperasi sekolah ini adalah sebagai media pendidikan dan penerapan ilmu ekonomi yang berazaskan gotong royong, sebagai alat untuk membantu para siswa dalam pengadaan keperluan sekolah, sebagai tempat untuk melakukan kegiatan menabung di sekolah. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menjelaskan tentang pengelolaan koperasi sekolah sebagai media pembelajaran pendidikan ekonomi bagi siswa kelas X di SMA BUDI UTOMO Perak Jombang tahun pelajaran 2018/2019. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan uji rank spearman dengan tujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan peningkatan kemampuan siswa dalam menyerap ilmu ekonomi melalui pengelolaan koperasi sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya pengelolaan koperasi sekolah di SMA BUDI UTOMO Perak Jombang dapat menambah media pembelajaran pendidikan ekonomi bagi siswa kelas X. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai rapor dan hasil angket yang disebarkan ke siswa yang menyatakan 90% pengelolaan koperasi sekolah dapat menjadi media pembelajaran pendidikan ekonomi bagi siswa.

Full Text:

PDF

References


Nurbudiyani, Iin. 2013. Model Pembelajaran Kewirausahaan Dengan Media Koperasi Sekolah Di SMK Kelompok Bisnis Dan Manajemen. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 3, Nomor 1, Februari 2013.

Margareta Lilis Lindawati, Suyanto. 2015. Peran Koperasi Sekolah Dalam Meningkatkan Sikap Kewirausahaan Siswa SMK NEGERI 1 Wonogiri. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, Volume 2, No 2, September 2015.

Sonhadjil dan Hasan. 2015. Cooperative Model of Industrial Work Practice for Vocational Teacher Education., dalam The 3rd UPI International Conference on Technical and Vocational Education and Training (TVET), 1-18.

Sudarsono, Edilius. Koperasi Dalam Teori & Praktik, cet.5, (Rineka Cipta: Jakarta, 2010)

Sutantya Rahardja. Hukum Koperasi Indonesia. Ed.1, Cet.3, (PT Raja Grafindo Persada: Jakarta, 2005), h. 40-43

Arikunto, Suharsimi. 2007. Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta

Sudijono, Akhmad. 2009. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.