PEMBELAJARAN DAN PEMEROLEHAN BAHASA KEDUA MAHASISWA ASING PROGRAM DARMASISWA DI IKIP BUDI UTOMO MALANG

Azza Aulia Ramadhani, Nurwakhid Muliyono, Endang Setyowati

Abstract


Setiap mahasiswa asing yang mengikuti program Darmasiswa berasal dari negara yang berbeda-beda sehingga mereka memiliki keunikan masing-masing pada tiap pemerolehan bahasa dan tingkat penguasaan bahasanya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pembelajaran bahasa kedua, pemerolehan bahasa kedua, dan tingkat penguasaan bahasa Indonesia mahasiswa asing program Darmasiswa di IKIP Budi Utomo Malang. Data dikumpulkan dengan dokumentasi, kemudian data dianalisis dengan teknik deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian unu adalah ditemukan (1) pembelajaran bahasa Indonesia dilakukan dengan metode drilling dan masukan bahasa, (2) proses pemerolehan bahasa kedua mahasiswa asing program Darmasiswa berlangsung secara sadar dan alamiah; dan (3) perkembangan tingkat penguasaan bahasa dapat diamati melalui perkembangan penguasaan fonologis, sintaksis, dan semantik.  Berdasarkan temuan dan pembahasan penelitian, saran yang diajukan dirumuskan sebagai berikut. Pengajar Darmasiswa sebaiknya menerapkan metode pembelajaran yang lebih variatif di dalam kelas sehingga pembelajaran bahasa Indonesia lebih menyenangkan dan meningkatkan minat belajar mahasiswa asing. Selain itu, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai tumpuan dalam menyusun latihan dan materi ajar.

Full Text:

PDF

References


Suyitno, I. 2017. Norma Pedagogis Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing: Deskripsi Teoretis dan Hasil Kajian Empiris. Bandung: PT. Refika Aditama.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2015. Program Darmasiswa. (Online), (badanbahasa.kemendikbud.go.id), diakses tanggal 7 Juni 2018

Maharany, E. R. 2014. Perkembangan Kompetensi Berbahasa Tulis Mahasiswa BIPA Tingkat Pemula (Mahasiswa Peserta Program Critical Language Scholarship Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang 2014). Universitas Negeri Malang: Tesis Tidak Diterbitkan

Maharani, T., dan Astuti, E. S. 2018. Pemerolehan Bahasa Kedua dan Pengajaran Bahasa dalam Pembelajaran BIPA. Jurnal Lingua Scientia 10(1); 121-142.

Thomas, R. Murray. 2003. Blending Qualitative & Quantitative Research Methods in Thesis and Dissertations. California: Corwin Press.

Sudjana, N. 1991. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Tarigan, H. G. 2011. Pengajaran Pemerolehan Bahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.

Dardjowidjojo, S. 2005. Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Unika Atma Jaya.

Abhakorn, J. 2008. Education, Communication, and Language Sciences Journal. The Implications of Learner Strategies for Second or Language Foreign Language Teaching, vol.5: (hlm.186-204), (Online), (http://research.ncl.ac.uk/ARECLS/index.html), diakses 12 Maret 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.