ANALISIS KESALAHAN MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI PROSES KOMUNIKASI INTRAPERSONAL SISWA

Arif Lukman, Ubaidurrochman ., Jauhara Dian Nurul Iffah

Abstract


Memahami kesalahan memecahkan masalah matematika yang dialami oleh siswa sangat penting untuk diketahui oleh guru untuk membantu dalam meminimalkan hasil belajar yang tidak memuaskan. Letak dan faktor Kesalahan memecahkan masalah matematika dapat diketahui oleh guru melalui tingkat dimensi pengetahuan matematika dan proses komunikasi intrapersonal siswa. Dimensi pengetahuan yang dimaksud meliputi pengetahuan faktual, pengetahuan konseptual, dan pengetahuan prosedural. Sedangkan proses komunikasi intrapersonal meliputi sensasi, persepsi, memori dan berfikir.Penelitian ini mendeskripsikan letak dan faktor kesalahan memecahkan masalah berdasarkan dimensi pengetahuan dan hanya ditinjau dari sisi persepsi (persepsi adalah salah satu proses komunikasi intrapersonal).  Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian metode analisis deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah subjek dengan persepsi tinggi dan persepsi rendah. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan metode analisis deskriptif kualitatif yang memberikan gambaran mengenai letak dan faktor kesalahan memecahkan masalah. Hasil penelitian disimpulkan bahwa letak kesalahan subjek persepsi tinggi dalam memecahkan masalah yaitu kesalahan pada pengetahuan konsep, pengetahuan prosedural matematika dan faktor kesalahan memecahkan masalah adalah faktor kecemasan belajar matematika, dikarenakan subjek merasa susah tentang limit dan fungsi invers yang memiliki berbagai kategori dan teknik pemecahan konsep. Sedangkan letak kesalahan subjek persepsi rendah dalam memecahkan masalah yaitu kesalahan pada pengetahuan fakta, pengetahuan konsep, pengetahuan prosedural matematika dan faktor kesalahan memecahkan masalah pada subjek adalah faktor afektif dikarenakan merasa takut, dan kurang persiapan dalam belajar sehingga mengakibatkan subjek tidak memiliki berbagai kategori dan teknik pemecahan konsep limit, fungsi invers, suku banyak dan persamaan eksponen.

Full Text:

PDF

References


. Rasyidin, Waini. 2009. “Filsafat Pendidikan”. Dalam Ilmu dan Aplikasi Pendidikan, Bagian I : Ilmu Pendidikan Praktis. Bandung: PT. Imperial Bhakti Utama (Halaman 5 – 32)

. Susilana, Rudi. 2009. “Sumber Belajar dalam Pendidikan”. Dalam Ilmu dan Aplikasi Pendidikan, Bagian II : Ilmu Pendidikan Praktis. Bandung: PT. Imperial Bhakti Utama (Halaman 197 – 220)

. Rakhmat, Jalaludin. 2001. Psikologi Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

. Kemendikbud. (2013). Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud

. Sarlina. (2015). “Miskonsepsi Siswa Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat Siswa Kelas X5 Sma Negeri 11 Makassar”. Jurnal Matematika dan Pembelajaran. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Mapan/article/download/3889/3541

. Rahmawati, Dinda. 2018. “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear Dengan Prosedur Newman”. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. https://jurnal.uns.ac.id/jpm/article/viewFile/26050/18266

. Irfan, Muhammad. (2017). “Analisis Kesalahan Siswa dalam Pemecahan Masalah Berdasarkan Kecemasan Belajar Matematika”. Jurnal Matematika Kreatif – Inovatif. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/8779

. Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.