PERAN GURU DALAM PENGUATAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 4 JOMBANG

Reza Oliviana Putri, Rr. Agung Kesna Mahatmaharti, Siyono .

Abstract


Guru merupakan pendidik profesional  yang memiliki peran yang sangat penting dengan tugas utama mendidik atau orang yang memberikan ilmu pengetahuan kepada peserta didik. Seorang guru diharapkan mampu memberikan penguatan karakter tanggung jawab peserta didik karena karakter tanggung jawab memiliki peranan penting dalam upaya meningkatkan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, karena dengan adanya tanggung jawab akan lebih dewasa dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu dengan tanggung jawab dapat memecahkan masalah dan menumbuhkan percaya diri. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Agar peserta didik dapat bertanggung jawab yang ia lakukan, 2) Menumbuhkan percaya diri, 3) Dapat memecahkan masalah. Upaya penguatan karakter tanggung jawab dalam pembelajaran terutama mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan adalah upaya yang dilakukan guru secara bertahap, baik di dalam kelas maupun di luar kelas untuk mencapai tujuan yaitu karakter tanggung jawab. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif  kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data di analisis melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, Pengecekan keabsahan temuan data  dilakukan dengan triangulasi. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh hasil bahwa kegiatan yang efektif dalam penguatan karakter tanggung jawab peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dilakukan melalui kegiatan pembiasaan, keteladanan, serta pengondisian lingkungan sekolah yang meliputi tata tertib, kegiatan rutin dan pengondisian fasilitas sekolah

Full Text:

PDF

References


. Astuti F.‎2013. Latar Belakang Masalah Tanggung Jawab. https://eprints.ums.ac.id/ Diakses pada tanggal 24 Agustus 2019

. Mahatmaharti Agung K.2017. Efek Pemodelan Kognitif Self Instructional Training terhadap Disiplin Diri Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama

. Maulana AH. 2018. Pengertian Pendidikan. https:// eprints.umm.ac.id/ diakses 18 Agustus 2019

. Ramli M.2015. Hakikat Peserta Didik. https://dr.iainantasari.ac.id/ diakses 24 Agustus 2019

. Rochmawati N. 2018. Peran Guru Profesional https://jurnal.unissula.ac.id/ diakses 20 Agustus 2019

. Setiawan Eko A.2016. Faktor Pendukung dan Penghambat Karakter Tanggung Jawab.https:// eprints.umpo.ac.id/ diakses 25 Agustus 2019

. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta

. Zein M. 2016. Inspiratif Pendidikan https:// journal.uin-alauddin.ac.id/ diakses 18 Agustus 2019


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.