PERAN GURU DALAM PENGUATAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 4 JOMBANG
Reza Oliviana Putri, Rr. Agung Kesna Mahatmaharti, Siyono .
Abstract
Guru merupakan pendidik profesional yang memiliki peran yang sangat penting dengan tugas utama mendidik atau orang yang memberikan ilmu pengetahuan kepada peserta didik. Seorang guru diharapkan mampu memberikan penguatan karakter tanggung jawab peserta didik karena karakter tanggung jawab memiliki peranan penting dalam upaya meningkatkan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, karena dengan adanya tanggung jawab akan lebih dewasa dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu dengan tanggung jawab dapat memecahkan masalah dan menumbuhkan percaya diri. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Agar peserta didik dapat bertanggung jawab yang ia lakukan, 2) Menumbuhkan percaya diri, 3) Dapat memecahkan masalah. Upaya penguatan karakter tanggung jawab dalam pembelajaran terutama mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan adalah upaya yang dilakukan guru secara bertahap, baik di dalam kelas maupun di luar kelas untuk mencapai tujuan yaitu karakter tanggung jawab. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data di analisis melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, Pengecekan keabsahan temuan data dilakukan dengan triangulasi. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh hasil bahwa kegiatan yang efektif dalam penguatan karakter tanggung jawab peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dilakukan melalui kegiatan pembiasaan, keteladanan, serta pengondisian lingkungan sekolah yang meliputi tata tertib, kegiatan rutin dan pengondisian fasilitas sekolah