PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING SYNCHRONOUS VERSUS ASYNCHRONOUS BERBASIS EDMODO PADA MATA KULIAH PENULISAN KARYA ILMIAH MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA IKIP BUDI UTOMO MALANG

Lis Susilawati, Endang Setyowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran blended learning Asyncrhonous versus synchronous berbasis Edmodo pada Matakuliah penulisa karya ilmiah, penelitian ini mengembangkan pembelajaran tatap muka yang digabungkan dengan online/offline learning dan disusun menggunakan software  Edmodo. Metode yang digunakan Research & Development (R&D) dengan pendekatan kuntitatatif dan kualitatif, yang dilaksanakan di Kampus IKIP Budi Utomo Malang. Dengan pengujian kelayakan media dan materi dilakukan oleh  validator ahli materi dan vallidator ahli media. Uji Telaah Pakar dilakukan oleh dosen Matakuliah Penulisan Karya Ilmiah, dengan uji coba kelompok kecil oleh 12 peserta didik dan uji coba lapangan dilakukan pada peserta didik yang terdiri dari 70 Responden. Dari hasil penelitian menunjukan: Media pembelajaran blended learning Asynchronous versus Synchronous berbasis edmodo menurut para ahli dinyatakan layak. Hasil validasi oleh ahli materi mendapat presentase rata-rata 89,30%, dan ahli media mendapat presentase rata-rata 84,59%, , hasil uji coba kelompok kecil diperoleh hasil presentase skor rata-rata 87,47%, Sehingga media pembelajaran blended learning berbasis edmodo ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk menyampaikan materi penulisan Karya Imiah pada mahasiswa pendidikan Bahasa Indonesia IKIP Budi Utomo Malang

Full Text:

PDF

References


. Anitah (2009). “Penggunaan Blended Learning Dengan Media Moodle Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa SMP”, dalam Cakrawala Pendidikan, XXXIV(1).

. Arikunto S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

. _______. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

. Asep HS. 2009. Mengenal E-Learning, Vol 7, No 12 (http: //www.Asep-hs-web-ugm.ac.id/, diakses 26 November 2015).

. Bersin, Josh, (2004). The Blended Learning Book Best Practices, Proven Methodologies, and Lesson Learned. San Francisco: Pfeiffer.

. Budiharti, Rini. 2013. “Penggunaan Blended Learning Dengan Media Moodle Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif siswa SMP” dalam jurnal Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surakarta.

. Denim,S.1995. Media Komunikasi Pelayanan Profesional Pembelajaran Mutu Hasil Belajar. Jakarta: Bumi Aksara

. Dodon, Yendri. 2011. Blended Learning : Model Pembelajaran Kombinasi E-Learning Dalam Pendidikan Jarak Jauh.

. Dwiyogo, Wasis D (2010), Pembelajaran Berbasis Blended Learning. http://eadm.dindik.jatimprov.go.id/upload/keg_narasumber/blanded_learning.pdf Diunduh 6 Desember 2015.

. Maf’ula, A. 2017. Pengembangan Media Flipbook Pada Materi Daya Antibakteri Tanaman Berkhasiat Obat. Jurnal Pendidikan (Vol 2, No.11, November, 2017,Hal 1450-1455). Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

. Miarso.,Y.H.1986. Media Pendidikan Teknologi Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali

. Pradnyawati, Luhde Irin. 2011, “Pengaruh Strategi Blended Learning Dalam Pembelajaran Kooperatif Terhadap Motivasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Peserta Siswa Di SMP K 2 Harapan” dalam Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja

. Tasri L. 2011. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web. Jurnal MEDTEK 3 (2):1-

. Wasis. 2011. Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Bahan Pelatihan dan Lokakarya Kepala Sekolah dan Guru Yayasan Perguruan Kristen Harapan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.