PENERAPAN TEKNIK DICTOGLOSS DALAM PEMBELAJARAN MATA KULIAH MENYIMAK KRITIS-EVALUATIF DI IKIP BUDI UTOMO MALANG

Artifa Sorraya, Yunita Anas Sriwulandari

Abstract


Teknik dictogloss merupakan gabungan dua teknik, yaitu dikte dan tafsir. Contoh penggunaan teknik dictogloss ini digunakan dalam pembelajaran menyimak dengan cara menyajikan sebuah wacana lisan dapat secara langsung atau dengan menggunakan media misalnya rekaman kepada mahasiswa sebagai penyimak. Penelitian ini lebih menekankan kepada kamampuan mahasiswa dalam keterampilan menyimak, jadi yang sesuai dengan pembelajaran menyimak yaitu matakuliah menyimak kritis-evaluatif. Peneliti menggunakan metodelogi penelitian kuantitatif eksperimenn pretest-postest control group design, rancangan penelitian pretest-postest control group design adalah sebuah rancangan eksperimen, karena kedua kelompok dipilih secara random, peneliti menggunakan sampel mahasiswa prodi pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP Budi Utomo Malang, kelas kontrol dan kelas eksperimen dalam pembelajaran menyimak kritis-evaluatif di IKIP Budi Utomo Malang. Kelas kontrol menggunakan teknik loci dalam pembelajaran menyimak, sedangkan pada kelas eksprerimen menggunakan dictogloss dalam pembelajaran menyimak. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu untuk menemukan perbedaan adalah menggunakan rumus uji t berpasangan untuk satu sampel dan uji t variabel bebas untuk sampel yang berbeda. Dari hasil pembelajaran tersebut antara kelas ekspreimen dan kelas kontrol, terdapat perbedaan yang signifikan, hasil kemampuan menyimak dengan menggunakan teknik dictogloss lebih baik daripada menggunakan teknik loci yang cenderung hanya mengingat. Dari hasil dilakukan penelitian ini, mahasiswa seharusnya lebih berkonsentrasi lagi dalam kegiatan menyimak dan tidak terpengaruh dari hal-hal yang mengganggu dalam kegiatan proses menyimak

Full Text:

PDF

References


. Ghazali, Syukur. 2010. Pembelajaran Ketrampilan Berbahasa Dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Malang: PT Refika Aditama.

. Tarigan, Guntur. 2008. Berbicara Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

. Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

. Sukmadinata, Syaodih. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

. Setyosari, Punaji. 2012. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

. Wahyuni, Sri. 2008. Evaluasi Pembelajaran Bahasa. Malang: Universitas Islam Malang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.