REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DENGAN MINAT TINGGI PADA TEKA-TEKI DALAM MENYELESAIKAN TEKA-TEKI MATEMATIKA VISUAL

Lailatul Mubarokah, Indah Silvia Hadi, Siti Nuriyatin

Abstract


Representasi matematika akan digunakan oleh setiap siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Jenis representasi matematika yang digunakan oleh setiap siswa biasanya bergantung pada kesukaan da kebiasaan masing-masing siswa. Jenis-jenis representasi matematis yang dapat digunakan oleh siswa dalam  menyelesaikan masalah matematika sangat beragam. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan representasi siswa yang digunakan untuk menyelesaikan teka-teki matematika yang disajikan dalam representasi visual. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 3 Candi. Subjek penelitian dipilih sebanyak 2 siswa dengan skor angket dengan kategori tinggi. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar angket minat siswa pada teka-teki dan lembar tes yang berisi 1 soal teka-teki yang disajikan dalam jenis representasi visual. Hasil yang diperoleh S1 tidak menunjukkan jawaban yang tepat, sedangkan jawaban yang diperoleh S2 menunjukkan jawaban yang tepat tetapi benar atau tidaknya jawaban yang diperoleh subjek bukan hal utama yang akan dibahas dalam penelitian ini. Ha utama yang akan dibahasdalam penelitian ini adalah representasi yang ditunjukkan oelh masing-masing subjek dalam pengerjaannya. Data yang diperoleh kemudian dianalisa dengan menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa S1 menggunakan representasi persamaan atau kalimat matematika. S2 menggunakan representasi visual untuk menyelesaikannya

Full Text:

PDF

References


. Amir, Z. 2015. Mengungkap Seni Bermatematika dalam Pembelajaran. Suska Journal of Mathematics Education, 1(1), 60-78.

. Apriani, C. M. (2016). Analisis Representasi Matematis Siswa SMP Dalam Memecahkan Masalah Matematika Kontekstual. Skripsi: Universitas Sanatha Darma Yogyakarta.

. Dahlan, J. A., & Juandi, D. (2011). Analisis Representasi Matematik Siswa Sekolah Dasar Dalam Penyelesaian Masalah Matematika Kontekstual. Jurnal Pengajaran MIPA. 128-138.

. Hudoyo dan Sutawijaya. 1998. Pendidikan Matematika I. Jakarta. Dirjen Dikti Depdiknas.

. Larson, Loren C. 1983. Problem-Solving Through Problems. New York: New York Inc.

. Mudzakir, Hera Sri. 2006. Strategi Pembelajaran Think-Talk-Write untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematik Beragam Siswa SMP. Disertasi UPI. Bandung. Tidak diterbitkan.

. National Council of Teachers of Mathematics (Ed.). 2000. Principles And Standards For School Mathematics. National Council of Teachers of Mathematics.

. Rofiqoh, Z. 2015. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X Dalam Pembelajaran Discovery Learning Berdasarkan Gaya Belajar Siswa.

. Saad, N. S., & Ghani, S. A. 2008. Teaching Mathematics In Secondary Schools: Theories And Practices. Universiti Pendidikan Sultan Idris.

. Skinner B.1968. The Techonolgy of Teaching. New York: Appleton Century Crofts.

. Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.