PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PPKn PESERTA DIDIK

Fitri Ani Fauziah, Suminto .

Abstract


Rendahnya motivasi belajar peserta didik dapat dilihat dari pembelajaran di kelas pada saat guru menjelaskan mata pelajaran PPKn peserta didik tidak memperhatikan, bercerita dengan teman sebangku, kurang semangat, keluar masuk kelas dan mengeluh apabila diberi tugas. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diterapkan media pembelajaran inovatif salah satunya media pembelajaran visual Labatekku (Laba-laba Tembakkanku). Hal itu dikarenakan, media pembelajaran visual merupakan salah satu komponen dalam pembelajaran. Kurangnya penerapan media pembelajaran visual inovatif dapat menyebabkan motivasi belajar peserta didik menjadi rendah. Pentingnya pembahasan mengenai topik penerapan media pembelajaran visual supaya guru dapat mengembangkan media pembelajaran yang inovatif guna meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan media pembelajaran visual dan dampak penerapan media pembelajaran visual dengan motivasi belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII F pada mata pelajaran PPKn di SMPN 2 Peterongan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan media pembelajaran visual dilakukan dengan melakukan tembakan pada papan media bergambar laba-laba menggunakan pistol mainan. (2) dampak penerapan media pembelajaran visual terkait dengan motivasi belajar ekstrinsik yaitu, peserta didik menjadi antusias dalam pembelajaran karena ingin mendapatkan hadiah serta pujian, peserta didik bersaing secara sehat guna mendapatkan hasil proses yang baik, dengan adanya belajar bervariasi pembelajaran menjadi menyenangkan sehingga peserta didik bersemangat dalam pembelajaran tanpa paksaan dari guru

Full Text:

PDF

References


. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Online. (http:// www.sindikker.-dikti.go.id/dok/UU/UU20-2003-Sisdiknas.pdf) diakses bulan

Oktober 2018.

. Astuty, Nurul. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Dengan Menggunakan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas VIII SMPN 2 Argamakmur. Online, (htpp:// www. 04.Isi.vol x.2012-NurulAstuty.Yensi024-035.pdf). Diakses pada bulan Agustus 2019.

. Fauziah, Hanum. 2014. Masalah Media Pembelajaran PPKn. Online, (http:// www.eprints.uny.ac.id/BABI.pdf) diakses bulan Desember 2018.

. Suwito. 2014. Permasalahan dalam Pembelajaran PKn. Online, (http://www. digilib.unila.ac.id.pdf) diakses bulan Desember 2018.

. Sadiman, dkk. 2014. Media Pendidikan (pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya).Jakarta : Raja Grafindo Persada.

. Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.

. Sarifah M, Ratna. 2015. Pengaruh Media Komik Terhadap Hasil Belajar PPkn Siswa Kelas III MI Darul Muqinin. Online, (http://ratnasarifahmudaim- FITK.pdf) diakses bulan Juli 2019.

. Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

. Hamalik, Oemar. 2017. Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

. Brata DPN. 2016. Pengembangan Pendidikan KarakterMelalui Pembelajaran Kooperatif di Perguruan Tinggi. (Online). Prosiding. Semnas. (PDF). From. Researhgate.net.

. Yayan. 2012. Pengertian Media Pembelajaran. Online, (http://www.eprints uny.ac.id/BABII.pdf) diakses bulan November 2018.

. Sardiman. A.M. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

. Rohaini, Titin dkk. 2015. Pengaruh Penerapan media Pembelajaran Ular Tangga Terhadap Motivasi Belajar PKn Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Lubuk dalam kabupaten Siak.Online, (http://jom.unri.ac.id/article/download.pdf) diakses bulan November 2018.

. Febriyanti. 2016. Efektivitas Penggunaan Media Poster Terhadap Minat dan Prestasi Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Online, (http: //www.journal.uny.ac.id/ojs/ download.pdf) diakses bulan November 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.