PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIQIH KELAS IX-10 MTSN 1 MEDAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION SEMESTER GENAP TA 2018/2019

. Satri

Abstract


Pentingnya pelaksanaan penelitian tindakan kelas mata pelajaran Fiqih di kelas IX-10 MTsN 1 Medan berawal dari pelaksanaan observasi nilai ulangan harian Fiqih di kelas IX dengan nilai rata-rata kelas adalah 70,31 yang berarti bahwa masih di bawah ketuntasan kriteria minimal (KKM) yaitu sebesar ≥75, maka tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar Fiqih kelas IX-10 melalui model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IX-10 MTs Negeri 1 Medan semester genap 2018/2019 yang berjumlah 44 orang. Desain penelitian yang akan digunakan adalah model Hopkins. Metode Pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, post-test, dan wawancara. persentase hasil belajar siswa yang pada kegiatan pra-siklus ke siklus 1 mengalami peningkatan yang awalnya 59,09% menjadi 77,27% dengan hasil perolehan nilai N-gain  sebesar 0,364 yang berarti peningkatan dalam kategori sedang. Kemudian hasil belajar dari siklus 1 mengalami peningkatan  pada siklus 2 yaitu menjadi 84,09% dengan hasil perolehan nilai N-gain sebesar 0,327yang berarti peningkatan dalam kategori sedang.sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar Fiqih siswa kelas IX-10 MTsN 1 Medan  Tahun Ajaran 2018/2019.

Full Text:

PDF

References


. Isjoni. 2012. Cooperative Learning. Jakarta : Kencana

. Slavin, R.E. 2005. Cooperative Learning; Theory, Research, and Practice. Boston : Allymand Bacon Publisher.

. Ansori, Taufiq. 2014. Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Group Investigation Dengan Teknik Open Ended Problem Dalam Pembelajaran Fisika di SMA. Jember : Universitas Jember

. Aqib, Zainal dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas.Bandung: Yrama Widya

. Sumarni, W. 2010. Penerapan Learning Cycle sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Inferensia Logika Mahasiswa melalui Perkuliahan Praktikum Kimia Dasar. Semarang: Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol. 4, No. 1, 2010, hlm 521-531.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.