PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIQIH KELAS IX-10 MTSN 1 MEDAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION SEMESTER GENAP TA 2018/2019

. Satri

Abstract


Pentingnya pelaksanaan penelitian tindakan kelas mata pelajaran Fiqih di kelas IX-10 MTsN 1 Medan berawal dari pelaksanaan observasi nilai ulangan harian Fiqih di kelas IX dengan nilai rata-rata kelas adalah 70,31 yang berarti bahwa masih di bawah ketuntasan kriteria minimal (KKM) yaitu sebesar ≥75, maka tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar Fiqih kelas IX-10 melalui model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IX-10 MTs Negeri 1 Medan semester genap 2018/2019 yang berjumlah 44 orang. Desain penelitian yang akan digunakan adalah model Hopkins. Metode Pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, post-test, dan wawancara. persentase hasil belajar siswa yang pada kegiatan pra-siklus ke siklus 1 mengalami peningkatan yang awalnya 59,09% menjadi 77,27% dengan hasil perolehan nilai N-gain  sebesar 0,364 yang berarti peningkatan dalam kategori sedang. Kemudian hasil belajar dari siklus 1 mengalami peningkatan  pada siklus 2 yaitu menjadi 84,09% dengan hasil perolehan nilai N-gain sebesar 0,327yang berarti peningkatan dalam kategori sedang.sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar Fiqih siswa kelas IX-10 MTsN 1 Medan  Tahun Ajaran 2018/2019.

Full Text:

PDF

References


. Isjoni. 2012. Cooperative Learning. Jakarta : Kencana

. Slavin, R.E. 2005. Cooperative Learning; Theory, Research, and Practice. Boston : Allymand Bacon Publisher.

. Ansori, Taufiq. 2014. Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Group Investigation Dengan Teknik Open Ended Problem Dalam Pembelajaran Fisika di SMA. Jember : Universitas Jember

. Aqib, Zainal dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas.Bandung: Yrama Widya

. Sumarni, W. 2010. Penerapan Learning Cycle sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Inferensia Logika Mahasiswa melalui Perkuliahan Praktikum Kimia Dasar. Semarang: Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol. 4, No. 1, 2010, hlm 521-531.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Conference on Research and Community Services



slot gacor 2024

jambislot

kelas99

 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

slot

slot