PENERAPAN PERMAINAN ENGKLEK MODERN UNTUK MENINGKATKAN FISIK MOTORIK ANAK KELOMPOK A TK AL ISYHAR SIDOARJO

Indaria Tri Hariyani, Norma Diana Fitri

Abstract


Ketika peneliti melakukan observasi pada anak kelompok A TK Al Isyhar Taman Sidoarjo yakni sebagian besar dalam kemampuan fisik motorik kurang maksimal. Sangat terlihat dengan rendahnya kemampuan anak untuk  mengkoordinasi gerak tubuh secara terampil dan  lincah  berkaitan  dengan kemampuan fisik  motorik. Untuk meningkatkan kemampuan fisik motorik anak kelompok A TK Al Isyhar Taman Sidoarjo alternatif yang digunakan adalah menggunakan permainan engklek modern. Supaya pada kemampuan keduanya untuk berkembang menjadi optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  meningkatnya kemampuan fisik motorik anak kelompok A dengan menggunakan permainan engklek modern. Metodologi pada penelitian ini yaitu menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan pada PTK adalah untuk mengetahui adanya peningkatan pada kemampuan fisik motorik anak kelompok A sebanyak 12 anak di TK Al Isyhar Taman Sidoarjo dengan menggunakan permainan engklek modern. Hasil dari penelitian ini bahwa menunjukkan adanya peningkatan yang dapat terlihat pada pencapaian persentase yang sudah diharapkan  yaitu sekurang-kurangnya 85% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan engklek modern pada anak kelompok A TK Al IsyharTaman Sidoarjo dapat meningkatkan kemampuan fisik motorik.

Full Text:

PDF

References


. Iswinarti. 2010. Permainan Anak Tradisional sebagai Model Peningkatan Kompetensi Sosial Anak Usia Sekolah Dasar. Laporan Penelitian. Malang: Lembaga Penelitian UMM

. Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

. Arikunto, Suharsimi dan Suharjo dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka.

. Mulyasa, E. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.