PENGEMBANGAN BUKU LITERASI BERBASIS POP UP BOOK PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Rohmatus Syafi’ah, Eries Norma Yusmita

Abstract


Budaya literasi yang digalakkan pemerintah melalui pelaksanaan kurikulum 2013 menjadi fokus perhatian dan harus dilaksanakan secara kontinyu oleh lembaga pendidikan formal mulai dari sekolah dasar. Perlu adanya usaha untuk menumbuhkan kecintaan siswa secara alami dan kecintaan siswa dalam membaca tidak dipaksakan. Kegiatan literasi harus dilakukan melalui suatu kondisi yang menyenangkan. Oleh sebab itu perlu adanya suatu buku literasI yang menarik bagi siswa dan mendorong siswa untuk cinta membaca tanpa paksaan dari siapapun. Salah satu buku literasi yang dapat digunakan adalah buku literasi berbasis pop up book. Melalui buku literasi berbasis pop up book siswa akan dihadapkan dengan aktivitas membaca yang menyenangkan, menarik, dan bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan buku literasi berbasis pop up book pada siswa sekolah dasar, (2) mengetahui kelayakan buku literasi berbasis pop up book, dan (3) mengetahui respon siswa terhadap buku literasi berbasis pop up book yang dikembangkan. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini mengacupada prosedur penelitian pengembangan model 4-D yang dibatasi sampai tahap develop. Langkah pengembangan tersebut yaitu: (1)Tahap pendefinisian (define), (2)Tahap perancangan (design), dan (3) Tahap pengembangan (develop). Instrumen penelitian berupa lembar validasi, angket respon siswa, skala penilaian, dan skala respon siswa. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa penggunaan buku literasi berbasis pop up book valid dan layak digunakan sebagai bahan bacaan di sekolah dasar dan mendapat respon yang bagus dari siswa yaitu mereka sangat tertarik dengan buku literasi berbasis pop up

Full Text:

PDF

References


. ______. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Predana Media Group.

. _______2016. Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan

. Amir, Taufiq. 2015. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Prenandamedia Grup

. Dzuanda. 2011. Design Pop Up Child Book Puppet Figures Series Gatotkaca. Jurnal Library ITS Undergraduate. http://Library.its.undergraduate.ac.id. Diunduh 24 Juli 2018

. Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Pengembangan Bahan Ajar dan Media. Jakarta:Depdiknas.

. Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta:Bumi Aksara.

. Ibrahim, M. (2002). Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi Guru MataPelajaran Biologi Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional

. Kemendikbud. 2016. Permendikbud No 20 tahun 2016 Tentang StandarKompetensi Lulusan pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: Kemendikbud

. Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

. Sri, Anitah. 2010. Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka

. Suyono. 2009. Pembelajaran Efektif dan Produktif Berbasis Literasi: Analisis Konteks, Prinsip, dan Wujud Alternatif Strategi Implementasinya di Sekolah. Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 37, No. 2, Agustus 2009, hal 203-217.

. Syahriyani, Alfi. 2010. Optimalisasi Budaya Literasi Di Kalangan Mahasiswa: Upaya Meretas Komunikasi Global. Jurnal UI Untuk Bangsa Seri Sosial dan Humaniora Vol. 1, Desember 2010, hal 67-78.

. Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktik. Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher.

. Unesco. 2014. “Education for All 2000 Assessment.”

. Wardhana, Yana. 2010. Teori Belajar dan Mengajar. Bandung: Pribumi Mekar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.