PENINGKATAN SUMBER DAYA MANUSIA MELALUI PAUD BERBASIS PONDOK PESANTREN DI DUSUN KEDUNGDENDENG DESA JIPURAPAH PLANDAAN-JOMBANG

Agus Prianto, Agung Kesna Mahatmaharti, Edy Setiyo Utomo

Abstract


Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) STKIP PGRI Jombang Tahun 2019 di dusun Kedung dendeng desa Jipurapah Kecamatan Plandaan Kabupaten Jombang lebih menekankan pada bidang pendidikan anak usia dini (PAUD) berbasis pesantren. Hal ini dikarenakan minimnya minat serta pengetahuan masyarakat dusun kedungdendeng tentang pendidikan usia dini. Tujuan pengabdian ini untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia pada bidang pendidikan baik secara akademis dan karakter. Metode pelaksanaan terdiri dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Sasaran pengabdian adalah warga dusun kedung dendeng selama satu bulan. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa: 1) meningkatnya pemahaman mengenai pendidikan anak usia dini; 2) meningkatnya nilia-nilai islami pada anak usia dini; 3) terbentuknya kelembagaan PAUD di dusun Kedungdendeng; 4) adanya peningkatan nilai-nilai karakter pada anak sejak usia dini; dan 5) adanya guru pengajar PAUD sesuai dengan kompetensi. Keberlanjutan program peningkatan kualitas sumber daya manusia di dusun kedungdendeng perlu dilakukan terutama dalam pendampingan penyelenggaraan PAUD Permata Hati baik tenaga pengajar sesuai kualifikasi dan managemen PAUD secara berkala.

Full Text:

PDF

References


Siagian, S.P. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia, cetakan ke tujuh. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Pranarka.1996. Pemberdayaan: Konsep, KebijakandanImplementasi, CSIS, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.