Abstract
Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk menambah wawasan kepada mitra dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan pada guru IPAdalam menyusun perangkat pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning. Target yang ingin dicapai pelaksana pada kegiatan ini adalah meningkatnya wawasan pengetahuan dan keterampilan kepada guru IPA sebagai mitra kegiatan, dan diharapkan pengetahuan dan keterampilan ini dapat diterapkan dalam proses pembelajaran, sehingga Problem Solving Skill sainssiswaSMP di Kabupaten Bone Bolango dapat meningkat.Metodeyang digunakan pada pelaksanaankegiatan adalah pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning bagiguruIPA SMP di Kabupaten Bone Bolango. Agar kegiatan pelatihan ini berlangsung lancar dan dapat mencapai target dan luaran yang diharapkan, maka perlu disusun tahapan rencana kegiatan yaitumulaidari kegiatan persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kegiatan pelatihan ini akan diawali dengan pemberian materi tentang model Problem Based Learning, penyusunan perangkat pembelajaran menggunakan modelProblem Based Learning,dan simulasi penerapan perangkat pembelajaran yang telah disusun. Materi yang diberikan adalah teori model PBL, penyusunan perangkat pembelajaran berupa: RPP, LKPD, bahan ajar, dan instrumen penilaian. Saat penyusunan perangkat pembelajaran dan peer teaching didampingi langsung oleh tim pelaksana pengabdian masyarakat. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran menggunakan model PBL menunjukkan bahwa secara keseluruhan peserta pelatihan dapat menyusun perangkat pembelajaran berupa RPP dan instrumen penilaian dengan kategori baik, sedangkan LKPD dan bahan ajar dalam sangat baik..
References
Yusuf, M., Rahman, S.R. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Mengimplementasikan Model-model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Mengoptimalkan Problem SolvingSkill Sains Siswa SMP. Laporan Penelitian Hibah Bersaing DP2M DIKTI Tahap I.
Yusuf, M., Rahman, S.R. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Mengimplementasikan Model-model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Mengoptimalkan Problem SolvingSkill Sains Siswa SMP. Laporan Penelitian Hibah Bersaing DP2M DIKTI Tahap II.
Yusuf, M. (2010). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model-model Pembelajaran pada Guru SD. Buleting Sibermas Volume 2 No. 4.
Yusuf, M. (2011). Pelatihan Pengembangan Pembelajaran dengan Menerapkan Metode Learning Community pada Guru Fisika SMP & SMA Di Kecamatan Limboto Barat. Universitas Negeri Gorontalo: Laporan Pengabdian Masayarakat, Hibah PNBP UNG.
Ntobuo, N. E.,& Yusuf, M. (2014) IbM Bagi Guru IPA SD Se Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo. Universitas Negeri Gorontalo: Laporan Pengabdian Masyarakat, Hibah IBM DP2M Dikti.
Copyright (c) 2019 Prosiding Conference on Research and Community Services