PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA GURU IPA SMP

Muhammad Yusuf, Frida Maryati Yusuf

Abstract


Kegiatan  pengabdian  ini  bertujuan  untuk  menambah  wawasan  kepada  mitra dengan  ilmu  pengetahuan  dan  keterampilan  pada  guru  IPAdalam  menyusun perangkat  pembelajaran  dengan  menggunakan  model  Problem  Based  Learning. Target  yang  ingin  dicapai  pelaksana  pada  kegiatan  ini  adalah  meningkatnya wawasan pengetahuan dan keterampilan kepada guru IPA sebagai mitra kegiatan, dan diharapkan pengetahuan dan keterampilan  ini dapat diterapkan dalam proses  pembelajaran,  sehingga    Problem  Solving  Skill  sainssiswaSMP  di  Kabupaten Bone Bolango dapat meningkat.Metodeyang digunakan pada pelaksanaankegiatan adalah  pelatihan  penyusunan  perangkat  pembelajaran  dengan  menggunakan model Problem Based Learning bagiguruIPA SMP di Kabupaten Bone Bolango. Agar  kegiatan  pelatihan  ini  berlangsung  lancar  dan  dapat  mencapai  target  dan luaran  yang  diharapkan,  maka  perlu  disusun  tahapan  rencana  kegiatan yaitumulaidari kegiatan persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kegiatan pelatihan   ini  akan  diawali  dengan  pemberian  materi  tentang  model  Problem  Based Learning,  penyusunan  perangkat  pembelajaran  menggunakan  modelProblem Based  Learning,dan  simulasi    penerapan  perangkat  pembelajaran  yang  telah disusun.  Materi  yang  diberikan  adalah  teori  model  PBL,  penyusunan  perangkat pembelajaran  berupa:  RPP,  LKPD,  bahan  ajar,  dan  instrumen  penilaian.  Saat penyusunan perangkat pembelajaran dan peer teaching didampingi langsung oleh tim  pelaksana  pengabdian  masyarakat.  Hasil  kegiatan  pengabdian  kepada masyarakat  melalui  kegiatan  pelatihan  penyusunan  perangkat  pembelajaran menggunakan  model  PBL  menunjukkan  bahwa  secara  keseluruhan  peserta pelatihan  dapat  menyusun  perangkat  pembelajaran  berupa  RPP  dan  instrumen penilaian  dengan  kategori  baik,  sedangkan  LKPD  dan  bahan  ajar  dalam  sangat baik..

Full Text:

PDF

References


Yusuf, M., Rahman, S.R. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Mengimplementasikan Model-model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Mengoptimalkan Problem SolvingSkill Sains Siswa SMP. Laporan Penelitian Hibah Bersaing DP2M DIKTI Tahap I.

Yusuf, M., Rahman, S.R. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Mengimplementasikan Model-model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Mengoptimalkan Problem SolvingSkill Sains Siswa SMP. Laporan Penelitian Hibah Bersaing DP2M DIKTI Tahap II.

Yusuf, M. (2010). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model-model Pembelajaran pada Guru SD. Buleting Sibermas Volume 2 No. 4.

Yusuf, M. (2011). Pelatihan Pengembangan Pembelajaran dengan Menerapkan Metode Learning Community pada Guru Fisika SMP & SMA Di Kecamatan Limboto Barat. Universitas Negeri Gorontalo: Laporan Pengabdian Masayarakat, Hibah PNBP UNG.

Ntobuo, N. E.,& Yusuf, M. (2014) IbM Bagi Guru IPA SD Se Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo. Universitas Negeri Gorontalo: Laporan Pengabdian Masyarakat, Hibah IBM DP2M Dikti.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.