PENGEMBANGAN SOFTSKILL DAN KARAKTER ANAK DUSUN REMBUKIDUL MELALUI PENGHIJAUAN LINGKUNGAN

Rizka Nur Oktaviani, Wulan Trisnawaty

Abstract


Target dari implementasi kurikulum 2013 adalah pendidikan karakter yang dimiliki anak. Selain karakter, softskill anak juga perlu dikembangkan mulai sejak dini. Namun kenyataanya, anak dusun Rembu Kidul belum mampu berkomunikasi dan berpikir menyampaikan ide/gagasan dengan baik. Selain itu, karakter yang dimiliki  perlu dibina dan dikembangkan lagi. Tujuan penelitian ini mengkaji softskill dan karakter yang terbentuk melalui kegiatan penghijuan lingkungan pada anak dusun Rembukidul. Softskill merupakan keterampilan dalam berhubungan dengan sesorang (inter-personal skill) dan kemampuan dalam mengatur dirinya sendiri (intra-personal skill). Pengembangan softskill dan pendidikan karakter perlu dilakukan karena dapat mendukung etika dan moral dalam berkehidupan atau bersosialisasi sehingga membuat kehidupan yang sukses dan mandiri. Penghijauan lingkungan merupakan salah satu cara dalam melestarikan alam sekitar untuk menangani krisis lingkungan. Kegiatan penghijauan lingkungan dilakukan dengan cara menanam pepohonan dilingkungan sekitar dusun Rembukidul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan di dusun Rembukidul “Griyo Maos Banyu Ilmu”. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi partisipant, dan dokumentasi.  Analilsis data menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan trianggulasi dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui kegiatan penghijauan lingkungan terdapat 4 unsur dari 7 unsur softskill yang dapat dikembangkan, antara lain keterampilan dalam bekerja sama, keterampilan berkomunikasi, keterampilan dalam berpikir, dan keterampilan kepemimpinan. Selain itu, terbentuknya karakter-karakter seperti: rasa peduli terhadap lingkungan, rasa tanggung jawab, disiplin, rasa ingin tahu, dan kemandirian

Full Text:

PDF

References


Alfajar, Lukman Hakim. 2014. UpayaPengembanganPendidikanKarakter Di SekolahDasarNegeriSosrowijayan. SkripsiUniversitasNegeri Yogyakarta.

Samani, MuchlasdanHariyanto. 2011. Konsepdan Model PendidikanKarakter. Bandung: PT RemajaRosdaKarya.

Asmani, Jamal Ma’mur. 2012. BukuPanduanInternalisasiPendidikanKarakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Rokhimawan, Muhammad Agung. 2012, Pengembangan Soft Skill Guru dalamPembelajaran SAINS SD/MI MasaDepan Yang BervisiKarakter Bangs. Jurnal Al-BidayahVol 4 No.1 hal 49-61

Syam, Nur. 2010. PendidikanSoft Skill. http://nursyam.sunan-ampel.ac.id/?p=1585. Diaksespadatanggal 10 Juli 2019

Handayani, Sri WiworoRetno Indah. 2015. HubunganSoftskillDenganPenurunan Stress PadaMahasiswa. JurnalPsikovidya Vo.19 No.2 Desember Hal 76-86

Aqib, ZaenaldanSujak. 2011. PanduandanAplikasiPendidikanKarakter.Bandung: YramaWidya.

Alfiansyah, Jamal danAnnur.(2014). MeningkatkanHard Skills Dan Soft SkillsSiswaMelalui Model PembelajaranKoooperatifTipe STAD. JurnalBerkalaIlmiahPendidikanFisikaVol 2 No. 2. Hal 208-221

Moleong, Lexy J. 2011. MetodologiPenelitianKualitatifEdisiRevisi. Bandung:Rosdakarya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.