PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNINGUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATAPELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAANSISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK PLUS UMAR ZAHID TAHUN AJARAN 2018/2019

Abdul Wachid Mubaroch, Munawaroh .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan model pembelajaranProject Based Learninguntuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan siswa kelas XI Akuntansi SMK Plus Umar Zahid tahun ajaran 2018/2019. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Metode pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan tes. Sumber data penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik, aktivitas guru, dan aktivitas belajar peserta didik. Subjek penelitian berjumlah 22  peserta didik. Lokasi penelitian di SMK Plus Umar Zahid, kecamatan Bandarkedungmulyo, kabupaten Jombang. Hasil penelitian siklus I presentase rata-rata aktivitas guru  sebesar 75% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 84,5%. Pada siklus I presentase rata-rata aktivitas belajar peserta didik sebesar 63,63% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 90.90%.Ketuntasan hasil belajar peserta didik siklus I sebesar 63,63% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 86,36%

Full Text:

PDF

References


Ambarwati, Dina. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperatife Script Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MA Darussalam Ngesong Sengon Jombang.Skripsi tidak diterbitkan. Jombang, Indonesia: STKIP PGRI Jombang.

Arikunto, Suharsimi. (2005). Prosedur Penelitian.Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian.Jakarta: PT Rineka Cipta.

Aqib, Zainal & A, Murtadlo.(2016). Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif.Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Bariyah, Mutia Nurotul. 2016. Pengaruh Model Project Based Learning Dalam Mengembangkan Jiwa Enterpreneurship Siswa Program Keahlian Multimedia Di SMK Negeri Kota Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang, Indonesia: Universitas NegeriSemarang.

Ekawarna.2011. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: Gaung Persada.

Fitria, Sarah. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Termokimia Di SMKN 1 Darul Kamal Aceh Besar. Skripsi tidak diterbitkan. Banda Aceh, Indonesia: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh.

Iman, Adji Santoso. 2017. Penerapan Project Based Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP Negeri 2 Godean Sleman.Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta, Indonesia: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Mustopa, Zaenal. 2016. Penerapan Model Pembelajaran PJBL (Project Based Learning) untuk Menumbuhkan Kreatifitas dan Hasil Belajar dalam Pembelajaran Tematik (Penelitian Tindakan Kelas pada Tema Selalu Berhemat Energi Sub Tema Gaya dan Gerak di Kelas IV SDN Bojongkaso 2 Kec. Cikancung Kab. Bandung). Skripsi tidak diterbitkan.Bandung, Indonesia: Universitas Pasundan.

Nurannisa, Andi Syam. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa di Kelas VIII MTs Madani Alauddin Paopao.Skripsi tidak diterbitkan.Makasar, Indonesia: Universitas Islam Negeri Alauddin.

Risyati. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Pada Siswa Kelas XI TKJ C SMKN 9 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. (Online), (http://eprints.ums.ac.id/46406/1/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf), diakses pada 15 Januari 2019.

Rusman. 2012.Model-ModelPembelajaran.,Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Saondi, Ondi & Aris Suherman.2010. Etika Profesi Keguruan.Bandung: PT Refika Aditama.

Subiono. 1987. Kontruksi dan Analisis Tes. Jakarta: Ditjen Dikti Depdikbud.

Suyadi. 2013. Panduan Penelitian Tindakan Kelas.Yogyakarta: Diva Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.