PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN
Dewi Pramita, Shanti Nugroho Sulistyowati
Abstract
Pendidikan saat ini perlu mendapat perhatian baik dari pemerintah maupun masyarakat, agar mutu pendidikan di Indonesia dapat bersaing dengan negara lain. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan, perlunya memperbaiki aktivitas belajar siswa dengan harapan dapat berdampak baik pada hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), dengan tahapan pada tiap siklusnya meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Penelitian ini dimulai dengan tahapan pra siklus, selanjutya dilaksanakan siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas XI IPA 1 MAN 7 Jombang sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi aktivitas belajar siswa dan guru, yang dilakukan dengan cara mengamati guru dan siswa selama pelaksanaan metode pembelajaran demonstrasi pada saat mengajar mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan. Berdasarkan hasil penelitan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, dengan melihat perbandingan data siklus I dan siklus II
Sudjana, Nana. 2005. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung. Sinar
Baru Algensindo
Hamalik, oemar. 2011. Proses belajar mengajar.Jakarta:Bumi Aksara.
Runawan, I made & Gitakarma, Made Santo. 2015. Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan pada siswa kelas XI di SMA Singaraja Tahun Pelajaran 2014/2015.(Online)https://ejournal.undiksha.ac.id › index.php › JJPTE › article › download (diakses tanggal 25 desember 2018)
Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sudjana, Nana. 2010. Dasar-dasar Proses Belajar. Bandung: Sinar Baru