PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN

Dewi Pramita, Shanti Nugroho Sulistyowati

Abstract


Pendidikan saat ini perlu mendapat perhatian baik dari pemerintah maupun masyarakat, agar mutu pendidikan di Indonesia dapat bersaing dengan negara lain. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan, perlunya memperbaiki aktivitas belajar siswa dengan harapan dapat berdampak baik pada hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), dengan tahapan pada tiap siklusnya meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Penelitian ini dimulai dengan tahapan pra siklus, selanjutya dilaksanakan siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas XI IPA 1 MAN 7 Jombang sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi aktivitas belajar siswa dan guru, yang dilakukan dengan cara mengamati guru dan siswa selama pelaksanaan metode pembelajaran demonstrasi pada saat mengajar mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan. Berdasarkan hasil penelitan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, dengan melihat perbandingan data siklus I dan siklus II

Full Text:

PDF

References


Sudjana, Nana. 2005. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung. Sinar

Baru Algensindo

Hamalik, oemar. 2011. Proses belajar mengajar.Jakarta:Bumi Aksara.

Runawan, I made & Gitakarma, Made Santo. 2015. Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan pada siswa kelas XI di SMA Singaraja Tahun Pelajaran 2014/2015.(Online)https://ejournal.undiksha.ac.id › index.php › JJPTE › article › download (diakses tanggal 25 desember 2018)

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudjana, Nana. 2010. Dasar-dasar Proses Belajar. Bandung: Sinar Baru

Sabri, Ahmad. 2010. Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching. Jakarta: PT Ciputat Press

Hopkins, David. 2011. Panduan Guru Penelitian Tindakan Kelas (Penerjemah Ahmad Fawaid). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Hasibuan dan Mujiono. 2006. Proses Belajar mengajar. Cetakan kesebelas. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Purwanto,Ngalim. 2013. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.