SURVEY TINGKAT KEBUGARAN JASMANI PESERTA DIDIK SMA NEGERI JOGOROTO JOMBANG (Studi Pada Peserta Didik Kelas X IPA Semester Gasal Tahun Pelajaran 2019/2020 )

Achmed Zoki, Moh. Zaim Zen

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani peserta didik kelas X IPA SMA Negeri Jogoroto Jombang semester gasal tahun pelajaran 2019/2010. Jenis penelitian deskriptif dengan metode survey dengan instrument tes kebugaran jasmani Indonesia (TKJI) kelompok umur 16-19 tahun. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik  SMA Negeri Jogoroto Jombang dengan jumlah 866, sedangkan sampel sejumlah 130 dengan rincian 38 putra dan 92 putri. Dengan teknik pengambilan sampel melalui purposive sampling yaitu keseluruhan kelas X IPA, yang terdiri dari 4 kelas. Hasil penelitian dihitung menggunakan perhitungan deskriptif prosentase, Dari hasil kelima item tes didapat nilai untuk putra rata-rata sebesar 17,41 dengan kriteria baik. Sedangkan untuk putri didapat rata-rata sebesar 16,36 dengan kriteria sedang.Simpulan dari hasil penelitian didapat tingkat kebugaran jasmani peserta didik SMA Negeri Jogoroto Jombang kelas X IPA untuk putra dengan prosentase tertinggi 36% klasifikasi nilai TKJI kategori baik. Sedangkan untuk putri didapat nilai dengan prosentase tertinggi 47% klasifikasi nilai TKJI kategori sedang.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Kusmaedi, N. 2008. Jurnal Psikologi Universitas Gadjah Mada. Universitas Gadjah Mada Press: Yogyakarta.

Mahardika, 2010. Pengantar Evaluasi Pembelajaran. Unesa University Press : Surabaya.

Mukholid, A. (2006). Pendidikan Jasmani Untuk SMA Kelas XII. Surakarta: Yudhistira.

Mulyaningsih, Farida; Yudanto; Kriswanto; Erwin Setyo. (2010). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Untuk Kelas IV SD/MI. Jakarta: Pusat Pembukuan Kementrian Pendidikan Nasional.

Nawawi, H. (2007). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.