PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMKN 1 TROWULAN

Fika Oktavia, Diah Puji Nali Brata

Abstract


Guru merupakan pendidik profesional dengan tugas untuk mendidik, mengajar, membimbing, mencerdaskan, merubah tingkah laku dan sikap peserta didik di sekolah formal maupun non formal. Permasalahan kemandirian belajar pada peserta didik dapat merubah tingkah laku belajar, diharapkan peran guru agar mampu merubah tingkah laku dan sikap peserta didik. Kemandirian belajar seseorang dilihat dari proses pembelajaran di kelas pada saat mengerjakan tugas, mencontoh teman atau mengerjakan sendiri. Pentingnya pembahasan tentang topik ini adalah untuk memberikan kontribusi gerakan moral pentingnya pendidikan karakter, guna melatih peserta didik untuk mandiri dan tidak bergantung pada orang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: Peran guru dalam meningkatkan persaingan peserta didik,  peran guru untuk menumbuhkan kepercayaan diri peserta didik, peran guru dalam membangun sikap bertanggung jawab peserta didik dan peran guru menumbuhkan sikap mengambil keputusan dan inisiatif peserta didik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, obervasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)-1 pada mata pelajaran PPKn di SMKN 1 Trowulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) peran guru dalam meningkatkan rasa bersanging pada setiap peserta didik dapat ditingkatkan pada saat pemberian tugas yang dikerjakan oleh masing masing peserta didik untuk mendapatkan nilai yang bagus. (2) peran guru dapat menumbuhkan rasa percaya diri pada peserta didik dapat dilihat pada saat pemberian tugas untuk menjelaskan kepada temanya di depan kelas. (3) Peran guru dapat memberikan rasa bertanggung jawab pada peserta didik saat pemberian tugas. (4) peserta didik dapat mengambil keputusan dan berfikir apa yang telah dikerjakan dengan baik. Peran guru sebagai pendidik dapat merubah sikap dan tingkah laku peserta didik menjadi lebih mandiri dalam proses pembelajaran, agar tidak bergantung kepada teman pada saat pengerjaan tugas yang telah diberikan oleh guru

Full Text:

PDF

References


Brata, D. P. N, 2016, Pengembangan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Kooperatif Di Perguruan Tinggi, (Online) Prosiding. Semnas. (PDF). From Researchgate. Net. diakses pada 15 agustus 2019

Brata, D. P. N, 2017, Konstruksi Pembelajaran Berbasis Karakter Sebagai upaya Mengembangkan Karakter disiplin di perguruan tinggi. (Online) journal proceeding 3 diakses pada 16 agustus 2019

Brata, D.PN, 2017. Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Mengimplementasikan Pendidikan Karakter (Studi Multisitus di SMKN 1 Kota Jombang, SMKN 1 Kota Mojokerto, SMKN Sooko Kabupaten Mojokerto). Journal proceeding 2 diakses pada 20 agustus 2019

Desmita., 2014, Psikologi Perkembangan Peserta Didik , Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Enda, 2018. Dampak Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Team Game Tournament (TGT) Berbasis Karakter guru PPKn di SMKN 1 Mojoagung. (Online) https: // ejournal. stkipjb. ac. Id /index. Php /prosiding/ article/ viewFile /566/397 diakses pada 24 agustus 2019

Munadiroh. 2015, Kemandirian dalam Belajar. (Online),digilib. Uinsby. Aca. Id / 3403/ 5/ bab 202. Pdf diakses pada 09 agustus 2019.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono, 2016, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung : Alfabeta

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (Online) http:// kelembagaan. ristekdikti. go. id. /wp-content/ uploadrs/ 2016/08/ UU_no_th_2003.pdf diakses pada 25 maret 2019

Wulandari, 2014. Hubungan Antara Lingkungan Belajar, Kemandirian Belajar, Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi. (Online) https:// repository. usd. ac. Id/ 2107/ 02/ 091334061 full.pdf diakses pada 20 juli 2018


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.