PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN PESERTA DIDIK

Farikhatus Sholikah, Suminto .

Abstract


Kurangnya penerapan model pembelajaran yang tepat dan inovatif dapat menyebabkan hasil belajar peserta didik kurang optimal. Hasil belajar peserta didik yang kurang optimal dapat diketahui dari beberapa peserta didik yang memperoleh hasil belajar dibawah nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk mata pelajaran PPKn. Oleh karena itu penerapan model pembelajaran Think Pair Sharediharapkan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Pentingnya pembahasan topik penerapan model pembelajaran Think Pair Share, supaya guru meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran yang inovatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Think Pair Share dan dampak penerapan model pembelajaran Think Pair Share terkait dengan hasil belajar peserta didik kelas X IPA 3 SMA Negeri Ngoro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share dilakukan melalui tiga tahap yaitu think (berpikir), pair (berbagi) dan share (berbagi). Dampak penerapan model pembelajaran terkait dengan hasil belajar adalah model pembelajaran Think Pair Sharedapat memberi kesempatan kepada peserta didik untuk berfikir, menjawab, saling membantu satu sama lain, pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan, serta mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik

Full Text:

PDF

References


Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Mudri, Walid 2012. Kompetensi dan Peranan Guru dalam Pembelajaran (Online) (https://jurnalfalasifa.files.wordpress.com/2012/11/m-walid-mudri-kompetensi-dan-peranan-guru-dalam-pembelajaran.pdf) diakses pada 28 Juni 2019 12:42 wib.

Rohman, W. 2011. Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Aswaja Presindo.

Sudjana, Nana. 2011. Dasar-dasar Proses BelajarMengajar. Bandung: PT Sinar Baru Algensindo.

Purwanto, 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Shoimin, 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Brata, D.P.N & Winardi, 2017. Kontruksi Pembelajaran Berbasis Karakter Sebagai Upaya Mengembangkan Karakter Disiplin Di Perguruan Tinggi. STKIP PGRI Jombang: Prosiding Semnas Hasil Penelitian Pendidikan dan Pembelajran.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Parsono. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Kompetensi Dasar Demokrasi. (Online) (Http://.ejournal.unesa.ac.id) diakses pada 23 September 2018 13:45 Wib.

Sugihartono dkk. 2011. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Kurniasih, Imas dan Sari, Berlian. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran, Jakarta: Kata Pena.

Brata, D.P.N. 2016. Pengembangan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Kooperatif di Perguruan Tinggi. PROSIDING, 90.

Lie, Anita. 2014. Cooperative Learnig:Mempraktikkan Cooperative Learnig dalam Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT Grafindo.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Maarif, Safiil.2018.Efektifitas Model Pembelajaran RME (Realistic Mathematic Education) Dalam Pembelajaran Matematika. Jombang:STKIP PGRI Jombang


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.