PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBASIS OUTDOOR LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MTSN 1 JOMBANG

Mohammad Syamsudin, Abd. Rozak

Abstract


Pembelajaran matematika memiliki hubungan yang erat dan peran penting dalam kehidupan sehari–hari, sehingga mengharuskan guru untuk menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari. Model CTL berbasis outdoor learning merupakan model pembelajaran yang mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari–hari dengan memanfaatkan lingkungan sebagai media pembelajaran, sehingga pengalaman belajar siswa lebih bermakna. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model CTL berbasis outdoor learning terhadap hasil belajar matematika siswa MTsN 1 Jombang tahun pelajaran 2018/2019 pada pokok bahasan aritmatika sosial.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan desain quasi experimental design bentuk two group posttest – only control design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-A dan VII-B MTsN 1 Jombang. Instrumen penelitian berupa lembar tes hasil belajar dan lembar angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t dua sampel bebas.Hasil analisis menunjukkan ada perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model CTL berbasis outdoor learning dibandingkan dengan model pembelajaran yang diterapkan di MTsN 1 Jombang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model CTL berbasis outdoor learning terhadap hasil belajar siswa MTsN 1 Jombang. Sedangkan respon siswa terhadap model CTL berbasis outdoor learning menunjukkan respon positif dengan persentase sebesar 86,02 %.

Full Text:

PDF

References


Shoimin, A. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta : Ar – Ruzz Media.

Husamah. (2013). Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor Learning). Jakarta : Prestasi Pustaka.

Gisty, N.A. (2018). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Aritmatika Sosial Dikelas Vii Mts Swasta Taman Pendidikan Islam (TPI) Sawit Seberang Tahun Pelajaran 2017/2018.(http://repository.uinsu.ac.id/4109/1/Skripsi%20Nurul%20Alpristari%20Gisty%20pdf.pdf), diunduh 13 Desember 2018.

Andespa, I. (2013). Pengaruh Pembelajaran Matematika di Luar Kelas (Outdoor Matematics) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs. Guppi Pagar Alam Tahun Pelajaran 2013/2014. (https://anzdoc.com/download/skripsi-oleh-iis-andespa-nomor-induk-mahasiswa-program-studi.html), diunduh 13 Desember 2018.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Irsyad, M. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Website Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMAN Kesamben Jombang. (http://digilib.uinsby.ac.id/12630/), diunduh 21 Maret 2019.

Lestari, K.E. & M.R. Yudhanegara. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika..Bandung : PT Refika Aditama.

Rozak, Abd dan W.S. Hidayati. (2013). Pengolahan Data Dengan SPSS. Jombang : STKIP PGRI Jombang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.