TRAINING AND COUPLING WRITING SCIENTIFIC ARTICLES RESEARCH RESULTS FOR MI SE-K3MI TEACHERS KECAMATAN KEDUNGKANDANG 1 MALANG CITY

Siti Sumarsilah, Susandi ., Anita Kurnia Rachman

Abstract


Guru merupakan seorang pendidik yang memiliki wawasan luas dalam bidang pendidikan dan pembelajaran. Hal tersebut perlu didukung dengan kegiatan-kegiatan ilmiah yang mampu memberikan ruang dan kesempatan bagi guru untuk mengembangkan diri. Guru MI pun juga memerlukan wadah yang tepat untuk mengembangakn setiap kemampuan dan potensi yang dimilikinya. Kegiatan yang mampu mendukung dan mewadai hal ini salah satunya pelatihan dan pendampingan penulisan artikel. Artikel merupakan salah satu bentuk karya ilmiah yang dapat digunakan dalam mengembangkan kreatifitas guru. Artikel yang ditulis berasal dari hasil penelitian maupun dari konsep pemikiran. Kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Idan Sastra Indonesia bekerja sama dengan Kelompok Kerja Guru (KKG) MI Se-K3 MI Kecamatan Kedungkandang 1 Kota Malang. kegiatan ini dilakukan selama dua hari. Penulisan artikel ini meliputi pemilihan tema yang sesuai dengan program studi, menyusun kerangka, menyusun paragraf, dan penggunaan teori yang relevan. Kegiatan ini ditindak lanjuti dengan refleksi agar artikel yang dihasilkan dapat diterima di jurnal. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini yaitu, guru mampu menulis artikel berdasarkan sistematika yang tepat dan sesuai dengan tamplate artikel. Berdasarkan hasil tersebut diperoleh kumpulan artikel yang ditulis oleh guru-guru sebanyak 15 artikel. Kegiatan pelatihan dan pendampingan menulis artikel perlu ditingkatkan untuk menunjang kualitas dan kuantitas tulisan guru serta mengembangkan potensi yang dimiliki guru

Full Text:

PDF

References


Hariandja. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia: Pengadaan, Pengembangan, Pengkompensasian dan Peningkatan Produktivitas Pegawai. Jakarta: Grasindo Widiasarana Indonesia.

Mangkuprawira, S. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik. Jakarta Selatan: Ghalia Indonesia.

Randal, R. & Arnold, J. (2010). Work Psychology: Understanding Human Behavior in the Workplace. London: Pearson Education Limited.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.