STRATEGI ENTREPRENEURSHIP DALAM PEMBERDAYAAN TKI PURNA MANDIRI MELALUI PENGEMBANGAN EKONOMI LOKAL DI DESA BEDALI KABUPATEN KEDIRI

Indah Yuni Astuti, Muhammad Alfa Niam, Tri Handayani

Abstract


Entrepreneurship adalah pola pikir atau mindset kewirausahaan yang terbentuk melalui proses yang panjang, merupakan perpasuan antara kemampuan, peluang, tantangan dan keberaian. Sshumpeter ( dalam Mafruhah 2019:2) menyatakan bahwa esensi dari kewirausahaan adalah penggunaan sumber daya dengan melakukan inovasi atau hal hal baru, baik berupa pengenalan barang baru, metode produksi yang baru,  membuka pasar yang baru, menetukan supplay bahan baku baru ataupun melakukan penataan ulang terhadap pola industri baru Desa Bedali Kecamatan Ngancar merupakan salah satu desa kantong TKI ( Tenaga Kerja Indonesia ) di  Kabupaten Kediri. Dengan demikian jumlah TKI purna yang ada di Desa Bedali juga cukup banyak. Kondisi tersebut memberikan dampak positif sekaligus dampak negatif bagi warga. Sampai dengan tahun 2019 jumlah TKI Purna sebanyak 450 orang, sehingga  desa Bedali mendapatkan kesempatan bantuan dari pihak Kabupaten sebagai Desa Desmigratif dengan dibentuknya rumah belajar bagi para TKI purna Desa Bedali merupakan desa yang berpotensi yaitu sebagai  wilayah penghasil buah nanas di Kabupaten Kediri. Selama ini buah nanas tersebut belum bisa dimanfaatkan oleh masyarakat desa Bedali secara maksimal, mereka hanya menjual nanas kepada pedagang dengan harga yang murah.  Seandainya  diolah menjadi produk makanan dan  minuman maka harganya bisa lebih tinggi,  sehingga dapat membantu meningkatkan pendapatan masyarakat desa Bedali dan mencetak masyarakat desa  menjadi Wirausaha (enterpreneur).   Dari hasil identifikasi tersebut memberikan hasil kesepakatan kerja sama kelompok ibu ibu TKI purna DesaBedali Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri dengan tim untuk melakukan pelatihan dan pembinaan untuk dicetak menjadi Wirausaha (enterpreneur). Terdapat peningkatan kapasitas produksi olahan buah nanas oleh ibu-ibu TKI purna Desa Bedali. Demikian pula dengan keterlibatan ibu ibu TKI purna juga mengalami peningkatan setelah mengetahui manfaat dari pelatihan.

Full Text:

PDF

References


Ariyanti, F. 2017. Perbandingan Gaji PRT Indonesia di 3 Negara (online) (https://m.liputan6.com/bisnis/read/2936807/ini-perbandingan-gaji-prt-indonesia-di-3negara?utm_expid=.t4QZMPzJSFeAiwlBIOcwCw.0&utm_referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com%2F) diakses 20 Agustus 2019.

BNP2TKI. 2019. Data dan Penempatan TKI Periode 1 Januari s.d Maret 2019 (online), (http://portal.bpn2tki.go.id/read/14229/data-Penempatan-dan-Perlindungan-TKI-Periode-1-JANUARI-S.D-31-MARET-2019.html) diakses 20 Agustus 2019.

Burggraff Willem. Et. Al. The Enterpreneur and The Enterpreneurship cycle, 2008, Assen,: Royal Van Gorcum

Djuamdi, Anton, Membangun Karakter Wirausaha dan Praktik Bisnis di Bidang Pangan, 2010, Grasindo, Jakarta

Fuad, M, Christine H, Nurlela, Sugiarto, Pengantar Bisnis, 2000, PT. Gramedia, Jakarta

Harmaizar, Menggali Potensi Wirausaha, 2006, CV. Dian Anugrah Perkasa

Nugroho, A, Suharyadi, Purwanto, Kewirausahaan, Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda, 2007, PT, Salemba Empat, Jakarta.

Mafruhah, Izza , Strategi Rekayasa Sosial Perilaku Entrepreneurship Tenaga Kerja Indonesia Pada Masa Penempatan, 2019 ( disertasi )

Manadopost, 2018.1.436 Warga Adu Nasib di Luar Negeri: Gaji PRT 6,5 Juta (online), (http://manadopostonline.com/m/berita/29317/Gaji-PRT-65-Juta/2

Paeru, Rdi H, Juwita Ratnasari, Kuliah Kalau Bisnis Lancar, 2007, Penebar Plus, Jakarta

Sutomo, Djati, Menjadi Enterpreneur Jempolan, Repubilka , Jakarta

Susanto, Happy. Proposal Tepat Bisnis Melesat, Kiat Jitu Menggolkan Proposal, 2009, Visimelia Pustaka

Sutanto, M, Sebelas Rahasia Memuali Bisnis Tanpa Uang, Belajar Dan Kesuksesan Pengusaha Top Dunia, 2005, CV. Andi Offset, Yogyakarta

Syarif, Reza M, Smart Business, Mengarah Ketajaman Naluri Bisnis, 2008, Naluri Bisnis, Gema Insani

Widjayanto, Biye, Cara Aman Memulai Bisnis, 2009, Grasindo , Jakarta

Zaharuddin, Ir, Harmaizar, Menggali Potensi Wirausaha, 2006, CV. Dian Anugerah Prakoso, Bekasi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.