RESPON GURU DI SD NO.173529 TAMPAHAN TERHADAP PELATIHAN SOFTWARE GEOGEBRA

Sinta Dameria Simanjuntak, Ari Usman

Abstract


SD No.173529 Tampahan adalah sekolah yang masih berada di daerah pedesaan yaitu desa Gurgur Aek Raja. Di sekolah tersebut, mayoritas guru tidak mampu mengoperasikan komputer. Dengan kondisi tersebut, guru sama sekali tidak pernah menggunakan software apapun dalam proses pembelajaran. Dilain pihak, tuntutan Kurikulum 2013 adalah pembelajaran yang inovatif dengan menggunakan media sebagai alat bantu untuk membangun pengetahuan siswa. Berangkat dari kondisi tersebut, diadakan pelatihan software Geogebra kepada guru untuk membantu guru dalam merancang pembelajaran inovatif berbasis teknologi. Metode pelaksanaan yang digunakan dimulai dari tahap tahap pengkajian masalah mitra, tahap perancangan solusi mitra, tahap konstruksi bahan kegiatan, tahap tes, evaluasi dan revisi bahan yang dibangun dan kemudian tahap implementasi. Hasil angket respon guru terhadap pelatihan Geogebra menunjukkan bahwa guru memberikan respon yang positif. Rincian hasil angket tersebut menunjukkan bahwa 100% guru menyukai pelatihan software Geogebra, 84,4% guru menyatakan pelatihan merupakan hal yang baru, 100% guru menyatakan berminat untuk melibatkan software Geogebra dalam pembelajaran dan 100% guru menyatakan tertarik pada materi pelatihan Geogebra.

Full Text:

PDF

References


I. Apandi and S. Rosdianawati, Guru Profesional Bukan Guru Abal-abal. Yogyakarta: Deepublish, 2017..

T. Ibna Badar at-Taubany and S. Hadi, Disain Pengembangan Kurikulum 2013 di Madrasah. Jakarta: Kencana.

M. Iqbal Harisuddin, “Secuil Esensi Berpikir Kreatif & Motivasi Belajar Siswa.” PT. Panca Terra Firma, Bandung, 2019.

A. Mudlofir, “Pendidik Profesional Konsep, Strategi dan Aplikasinya dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia.” Rajawali Press, Jakarta, 2013

B. Sinaga, Togi, and M. Nababan, “Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berdasarkan Masalah Berbasis Budaya Batak (PBM-B3),” Medan.

K. Yao Tung, Geometri dan Matematika dengan Geogebra : Pembelajaran Geometri, Demonstrasi Geometri, Animasi Geometri yang Menarik dengan Freeware Geogebra. Yogyakarta: Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.