TERRARIUM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN LAB MINI UNTUK MELATIH KETERAMPILAN GURU TKIT Al MISHBAH PADA TEMA LINGKUNGAN ALAM

Fatikhatun Nikmatus Sholihah, Anggun Wulandari, Umi Kulsum Nur Qomariyah

Abstract


Lingkungan alam merupakan salah satu tema materi pelajaran yang ada TKIT Al Mishbah. Kegiatan ini dilaksanakan di salah satu kelas yaitu sentra alam. Selama proses pembelajaran, guru mengajak siswa melakukan kegiatan di luar ruangan dengan tujuan mengajarkan kepada siswa tentang ekosistem. Proses pembelajaran ini di rasa sulit bagi para guru karena lingkungan sekolah yang sempit sehingga dibutuhkan media pembelajaran yang lebih praktis yaitu terrarium. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan bagi guru TKIT Al Mishbah menciptakan eksosistem mini dalam suatu media kaca agar mempermudah guru dalam mengajarkan Lingkungan Alam. Pelaksanaan kegiatan berlangsung selama 4 hari mulai 25 juni sampai 28 juni 2019. Metode pelaksanan kegiatan ini dilakukan dengan cara tutorial terbimbing. Tim Pengabdian memberikan pelatihan dengan cara memberikan tutorial pembuatan terrarium. Kemudian guru membuat sendiri dengan bimbingan dari tim pengabdian. Pembuatan terrarium meliputi pembuatan terrarium ekosistem gurun, terrarium hutan hujan tropis, dan terrarium savana. Hasil dari pengabdian ini, keseluruhan respon guru terhadap pembuatan terrarium sangat positif. Hal ini disebabkan rasa ingin tahu peserta tentang terrarium. Hal ini diperoleh dari angket respon keterampilan guru. Pelatihan terrarium ekosistem sebagai media pembelajaran Lab Mini dapat membuat guru TKIT Al Mishbah memahami konsep ekosistem serta lebih terampil membuat media pembelajaran Lab Mini Tema Lingkungan Alam

Full Text:

PDF

References


Pandia, Ekariana S, Mawardi, and Tri Mustika Sarjani, ‘Pelatihan Pembuatan Terrarium Sebagai Media Belajar Miniatur Ekosistem Bagi Guru MGMP SMA Kota Langsa’, Proceeding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe, 1.1 (2017), 1–3

Nahdi, Maizer Said, ‘Konservasi Ekosistem Dan Keanekaragaman Hayati Hutan Tropis Berbasis Masyarakat’, Kaunia, IV.2 (2008), 159–72

Crysty, Verronicha, Binari Manurung, and Syarifuddin Syarifuddin, ‘Pengembangan Kegiatan MINI-LAB Pada Topik Ekologi Dan Lingkungan Untuk Siswa Kelas X SMA’, Jurnal Pendidikan Biologi, 6.3 (2017), 376–80

Siregar, Jhon Renold, ‘PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI LESSON STUDY DI SMAN 04 MERLUNG KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT Abstrak’, 1.1 (2014)

Ariyanti, Nur Acni, ‘Cara Pembuatan Terarium Untuk Pembelajaran IPA SD’, 2010

Irawan, Heri, Muhlis, and A. Wahab Jufri, ‘PEMANFAATAN TERARIUM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS VII MTs . N 1 PENDAHULUAN Media Pembelajaran Memiliki Banyak Peranan Dalam Dunia Dengan Tujuan Pembelajaran Yang Harus Dicapai . Salah Satu Upaya Agar Siswa Belaja’, 2013, 1–11

Mufliah, Mutia Iin, and Tumisem, ‘Prosiding Semnas Sains & Entrepreneurship Ii’, 2015, 450–55

Rumidjan, Sumanto, Sukamti, and Sri Sugiharti, ‘Pelatihan Pembuatan Media Grafis Dan Media Papan Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru’, 82–86.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.