PEMANFAATAN AKSES INTERNET DAN APLIKASI PEMBUKUAN SEDERHANA MENGGUNAKAN ANDROID UNTUK USAHA BUDIDAYA IKAN AIR TAWAR

Rinanza Zulmy Alhamri, Ashafidz Fauzan Dianta, Atik Tri Andari, Toga Aldila Cinderatama

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini mencoba untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para pelaku usaha budidaya ikan air tawar di desa setempat dalam memanfaatkan akses internet dan bagaimana membukukan transaksi dengan baik dan benar menggunakan aplikasi Android. Untuk itu tahapan yang dilakukan pada kegiatan ini adalah survey awal, pembuatan aplikasi pembukuan, pembuatan modul, pelatihan, dan evaluasi. Aplikasi yang dibangun adalah aplikasi pembukuan sederhana berbasis Android digunakan untuk mencatat keuangan usaha budidaya ikan air tawar. Dengan membandingkan hasil survey awal dengan hasil evaluasi setelah pelatihan maka diperoleh peningkatan pengetahuan dan keterampilan pembudidaya. Hasilnya frekuensi penggunaan internet menggunakan Android meningkat pada kriteria ‘selalu’ dengan skor 82% sedangkan kemampuan meningkat menjadi ‘sangat mampu’ dengan skor 84%. Kegiatan pembukuan selalu diterapkan dengan skor 84% sedangkan dalam memperoleh informasi laba berada pada kriteria ‘sangat jelas’ dengan skor 82%. Frekuensi penggunaan aplikasi meningkat pada kriteria ‘selalu’ dengan skor 82% sedangkan kemampuan penggunaan aplikasi meningkat pada kriteria ‘mampu’ dengan skor 72%.

Full Text:

PDF

References


Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kelautan dan Perikanan dalam Angka Tahun 2015, Jakarta: Pusat Data, Statistik, dan Informasi Kementerian Kelautan dan Perikanan, 2015.

V. H. Anandhita, A. Susanto, D. Sari and Wardahnia, Pemanfaatan dan Pemberdayaan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Petani dan Nelayan (Survey Rumah Tangga dan Best Practice), Jakarta: Puslitbang Penyelenggaraan Pos dan Informatika BPPSDM Kemenkominfo, 2015.

H. Sutisna, "Pemanfaatan Jaringan Internet Sehat Bagi Petani Untuk Kemajuan Ekonomi Desa Sukaharja," Jurnal Abdimas BSI, vol. 1, no. 3, pp. 406-415, 2018.

R. N. I. Dinnullah and T. Fayeldi, "Pelatihan Pembukuan Sederhana Usaha Rumah Tangga Susu Kedelai Bugul Lor," Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, vol. 2, no. 1, pp. 90-96, 2017.

D. P. Hapsari, A. Dharmawan and A. N. Hasanah, "Model Pembukuan Sederhana bagi Usaha Mikro di Kecamatan Kramatwatu Kabupaten Serang," Jurnal Akuntansi, vol. 4, no. 2, pp. 36-47, 2017.

I. Trisisca and T. Sulistyo, "Pelatihan "Pembelajaran Berbasis ICT" bagi Guru-guru Taman Kanak-kanak dan Raudhatul Athfal Kecamatan Bantur," Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, vol. 2, no. 2, pp. 111-115, 2017.

O. Destrian, U. Wahyudin and S. Mulyana, "Perilaku Pencarian Informasi Pertanian melalui Media Online pada Kelompok Petani Jahe," Jurnal Kajian Komunikasi, vol. 6, no. 1, pp. 121-132, 2018.

Maryuliana, I. M. I. Subroto and S. F. C. Haviana, "Sistem Informasi Angket Pengukuran Skala Kebutuhan Materi Pembelajaran Tambahan Sebagai Pendukung Pengambilan Keputusan Di Sekolah Menengah Atas Menggunakan Skala Likert," Jurnal Transistor Elektro dan Informatika, vol. 1, no. 2, pp. 1-12, 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.