PENGARUH PENERAPAN TEACHING FACTORY DAN KETERLIBATAN DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP KESIAPAN BEKERJA LULUSAN SMK

Agus Prianto, Winardi ., Oemi Noer Qomariyah

Abstract


Efektifitas pendidikan kejuruan juga dapat dinilai dari seberapa besar lulusannya dapat terserap di dunia kerja. Harapan kepada SMK untuk menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian sesuai dengan dunia kerja masih menghadapi tantangan yang besar. Hal ini terlihat dari tingkat pengangguran terbuka (TPT) lulusan SMK yang dalam beberapa tahun terakhir selalu menempati posisi tertinggi. Untuk mengatasi masalah ini, melalui Inpres 9 Tahun 2016 pemerintah memutuskan untuk merevitalisasi SMK, yang antara lain dilakukan untuk memperkuat kegiatan pembelajaran berbasis teaching factory (TF) yang diharapkan mampu menumbuhkan kesiapan bekerja para lulusan. Penelitian ini mengkaji penerapan berbagai model pembelajaran berbasis TF dan pengaruhnya terhadap keterlibatan siswa dalam pembelajaran dan penguatan kesiapan bekerja. Unit analisis dalam penelitian ini adalah para lulusan SMK tahun 2019 yang telah mengikuti pembelajaran berbasis TF. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa model pembelajaran berbasis TF yang dipersepsikan paling kuat dalam membangun keterlibatan dalam pembelajaran, secara berurutan, sebagai berikut: (1)penempatan kerja pada dunia usaha dan industri, (2) pembelajaran berbasis layanan masyarakat, (3) praktek kerja pada unit usaha sekolah, (4) pembelajaran berbasis produksi, dan (5) magang atau prakerin. Model pembelajaran yang dipersepsikan berpengaruh paling kuat terhadap pembentukan kesiapan bekerja, secara berurutan sebagai berikut: (1) penempatan kerja pada dunia usaha dan industri, (2) pembelajaran berbasis layanan masyarakat, (3) pembelajaran berbasis produksi, (4) pembelajaran berbasis praktek kerja pada unit usaha di sekolah, dan (5) kegiatan magang atau prakerin. Perlu kajian lebih lanjut mengapa kegiatan magang belum berperan optimal dalam membangun keterlibatan dalam pembelajaran dan dalam membentuk kesiapan bekerja.

Full Text:

PDF

References


Mulyatiningsih, Endang; Soegiyono; Purwanti, Sutriyati. 2014. Materi Pembekalan Pengembangan Edupreneurship Sekolah Menengah Kejuruan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

European Centre for the Development of Vocational Training (Cedefop).2011. The Benefits of Vocational Education and Training. Luxemburg: Publications Office of The European union

Clark, L. & Winch, C. 2007. Vocational education international approach, development and sistem. New York: Routledge

Berita Resmi Statistik2016. Dalam https://www.bps.go.id/pressrelease.html diakses 2 Agustus 2016

Berita Resmi Statistik2018. Dalam https://www.bps.go.id/pressrelease.html diakses 2 Agustus 2018

Hanafi, I. 2012. Re-orientasi ketrampilan kerja lulusan Pendidikan Kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi. 2 (1) pp.107-116

Sasmito, A.P., Kustono, D., & Patmanthara, S. 2015. Kesiapan memasuki dunia usaha/dunia industri (DUDI) siswa paket keahlian rekayasa perangkat lunak di SMK. Jurnal Teknologi Kejuruan. 38 (91): 2540.

The European Union. 2012. Building Entrepreneurial Mindsets and Skills. https://publications.europa.eu/en/publication-detail/-/publication/0b119b3e-e072-42e3-b3c5-a2746d386933 diakses 2 Juni 2019

Ruskyte, Dziuljeta & Navickas, Vytas.2017. Efficiency of teaching and learning methods for development of learner Entrepreneurship. Pedagogika/Pedagogy. 126 (2) pp. 168-184

Damarjati, Taufik. 2017. Teaching Factory in Indonesia. 3rd High Officials Meeting on SEA-TVET 23-25 May 2017 Kuala Lumpur Malaysia

Siswanto, Ibnu.2015. Teaching factory SMK Program Keahlian Otomotif. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Otomotif UMP tanggal 23 Mei 2015.

Triatmoko.2009. The ATMI Story, Rainbow of Excellence. Surakarta: Atmi Press

Moerwismadhi.2009. Teaching factory suatu pendekatan dalam pendidikan vokasi yang memberikan pengalaman ke arah pengembangan technopreneurship. Makalah: Disampaikan pada seminar nasional technopreneurship learning for teaching factory tanggal 15 Agustus 2009 di Malang Jawa Timur

Khurniawan, Ari Wibowo dan Haryani, Tri (Eds). 2016. Grand desain pengembangan teaching factory dan technopark di SMK. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Berrueco, Reina Maria; Kekale, Tauno; Devins, David. 2016. A framework for work-based learning: basic pillars and the interactions between them. Journal of Higher Eduation Skills and Work-Based Learning. 6 (1) pp.35-54

McHug, P.P. 2017. The impact of comoensation, supervision and work design on internship efficacy: implications for educators, employers, and prospective interns. Journal of Education and Work. 30 (4) pp.367-382

Mulyatiningsih, Endang; Soegiyono; Purwanti, Sutriyati. 2014. Materi Pembekalan Pengembangan Edupreneurship Sekolah Menengah Kejuruan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Howard, A. 2004. Cooperative education and internships at the threshold of the twenty first century. In: P.L. Linn; A. howard & E. Miller. Handbook for research in cooperative education and internships (pp.3-10). Mahwah NJ: Lawrence Erlbaum

Arenas, Alberto. 2003. School-based enterprise and environmental sustainability. Journal of Vocational Education Research. 28 (2) pp.107-124

Kasinath, H.M. 2013. Service learning: concept, theory and practice. International Journal of Education and Psychological Research. 2 (2) pp. 1-7

Cooper, S., Bottomley, C. and Gordon, J. (2009) An experiential learning approach to entrepreneurship education: a British initiative. In: Manimala, M. J., Mitra, J. and Singh, V. (eds.) Enterprise Support Systems: An International Perspective. Sage Publications India: New Delhi.

Haase, H.& Lautenschlager, A. 2011. The “teachability dilemma” of entrepreneurship. International Entrepreneurship and Management Journal.7. pp.55-70

Gunn, E. 2009 March 31. Avoid getting reorganized out of your company. The Wall Street Journal. 74 D6.

Brady, R.P. 2010. Work Readiness Inventory (The booklet designed to accompany the Work Readiness Inventory). Indianapolis: JIST Publishing

Caballero, C. L., Walker, A., Fuller-Tyszkiewicz. 2011. The Work Readiness Scale (WRS): Developing a measure to assess Work Readiness in college graduates. Journal of Teaching and Learning for Graduate Employability. 2 (2) pp. 41-54

Reynold, S.J. & Ceranic, C.L. 2007. The effect of moral judgment and moral identity on moral behavior: An empirical examination of the moral individual. Journal of Applied Psychology. 92. Pp.1610-1624

Gardner, H., Csikszentmihalyi, M., & Damon, W. 2001. Good Work. New York: Basic Books

Gardner, H. 2007. Responsibility at Work. San Fransisco:Jossey-Bass

Parker, P. 2008. Promoting Employability at “Flat” World. Journal of Employment Counseling. 45 pp.2-13.

Moorhouse, A., & Caltabiano, M.L. 2007. Resilience and unemployment: Exploring risk and protective influences for the outcome variables of depression and assertive job searching. Journal of Employment Counseling. 44. pp. 115-125

Porath, C.L. & Bateman, C.S. 2006. Self-regulation: From goal orientation to job performance. Journal of Applied Psychology. 91. pp. 185-192

Betz, N.E. 2004. Contribution of self-efficacy theory to carrer counseling: A personal perspective. Carrer Development Quarterly. 52. pp. 340-353

Wagner, J. O. 2006. Work readiness skills. Youth work Information Briefs. From: www.learningworkconnection.org. Diakses 12 Januari 2013

Prianto, A. 2013. Berbagai variabel yang mempengaruhi kesiapan bekerja para pencari kerja. Jurnal Manajemen Usahawan Indonesia. 42 (3) 219-247

Cara Menentukan jumlah Sampel dengan Rumus Slovin. https://teknikelektronika.com/cara-menentukan-jumlah-sampel-dengan-rumus-slovin/diakses 2 Juli 2019

Ferdinand, Augusty. 2002. Structural Equation Modelling dalam Penelitian Manajemen. Semarang: BP UNDIP

Hasan, M. Z. 1995. Analisis Faktor. Makalah. Disampaikan pada lokakarya statistik dan analisis data penelitian. Malang: Lembaga Penelitian IKIP Malang


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.